Point-of-Purchase (PoP) Design from Visual Merchandising Class
Mata kuliah Visual Merchandising adalah subject yang mempelajari mengenai tata pajang pada industri ritel. Pada mata kuliah ini dipelajari bagaimana menarik perhatian calon pelanggan untuk membeli atau menggunakan suatu produk yang sedang dipasarkan. Jenis tata pajang yang dipelajari mencakup window display, floor display, Point-of-Purchase display, dan beberapa jenis tata pajang lainnya.
Point-of-Purchase (POP) merupakan salah satu teknik display dalam industri retail yang bertujuan meningkatkan penjualan atau mempromosikan produk baru dari brand yang di pajang. POP Display ini dapat berupa sign dari karton, monitor kecil di rak, ataupun free-standing display. Dalam perkuliahan Visual Merchandising, salah satu tugas mahasiswa adalah membuat desain free-standing POP Display dengan luaran model skala 1:20. Merk yang dapat dipilih untuk studi kasus tugas ini dibebaskan. Kriteria penilaian meliputi kreativitas desain, efisiensi penempatan dan penyimpanan produk, komposisi desain, serta kerapihan. Melalui tugas ini diharapkan mahasiswa mendapatkan pengkayaan dan melatih skill akan bagaimana menerapkan prinsip-prinsip desain dan mengembangkan kreativitas di tata pajang dunia ritel.
Oleh: Dila Hendrassukma (Faculty Member)
Comments :