HDII GOES TO CAMPUS  BINUS UNIVERSITY

HDII Sharing session

Design’s talk : Inspiration and Ideas with Rina Renville, HDII, Naila Djatnika, HDII, and Mira Prihartini, HDII

Kegiatan HDII Goes to Campus, merupakan rangkaian  dari program rutin yang diselenggarakan oleh  Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII)  cabang DKI Jakarta bekerja sama dengan  kampus penyelenggara jurusan Desain Interior yang berada di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Jurusan Desain Interior – Binus University, mendapat kesempatan pertama untuk dikunjungi HDII DKI Jakarta  di tahun 2020 ini.

Diselenggarakan pada tanggal 27 April 2020, kegiatan ini dilaksanakan  melalui ZOOM Video Conference dengan durasi 120 menit dari jam 10.00-12.00 WIB. Adanya keterbatasan situasi akibat mewabahnya virus COVID-19 yang telah menjadi pandemic, membuat Pemda DKI Jakarta menerapkan peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sehingga kegiatan yang biasanya dilakukan dengan tour HDII dari kampus ke kampus, beralih dengan media ZOOM berupa video conference.

Sharing session design’s talk dengan tema inspiration and ideas ini dibuka oleh Ibu Rina Renville selaku Ketua HDII DKI Jakarta. Sesi pertama adalah presentasi dari Ibu Naila Djatnika selaku founder dari Designpartners Indonesia dengan topik Office design   dilanjutkan oleh Ibu Mira Prihartini selaku founder dari Mira & associates pada sesi kedua dengan topik Residential Design. Seminar on-line ini dihadiri oleh 86 peserta yang terdiri dari 10 Dosen dan 76 mahasiswa peserta Tugas Akhir.

Dalam kesempatan ini para desainer senior memaparkan proses desain yang terjadi dalam perancangan proyek kantor maupun rumah tinggal, dimana human behavior berperan penting di dalam perancangan. Perkembangan tren office design menjadi co-working yang memiliki ruang terbuka sehingga reception area sudah mulai tidak dibutuhkan disampaikan dengan sangat jelas berdasarkan riset yang dilakukan Ibu Naila dan tim dari Designpartners Indonesia. Sementara sama pentingnya dengan riset yang dilakukan dalam merancang sebuah rumah tinggal baik terhadap kebutuhan penghuni yang sangat detail sampai dengan produk  aksesoris interior yang dibutuhkan untuk menyesuaikan kebutuhan desain di rumah tersebut. Di akhir sesi yang ditutup oleh Ibu Rina Renville disampaikan kepada para calon desainer untuk langsung  bergabung sebagai anggota HDII begitu aktif menjadi desainer di dunia kerja nanti.

Penulis : Amarena Nediari – Faculty Member