STOOL PROJECT FOR DESIGN FURNITURE I COURSE: RESIDENTIAL

Mata Kuliah Desain Furnitur I: Residensial menitikberatkan pada mebel bagi rumah tinggal.
Mahasiswa mendalami hubungan antara mebel dengan interior ruang sekaligus dengan penghuni rumah tinggal yang menjalani rutinitas keseharian di dalamnya.

Desain Furnitur I: Residensial mengawali proyek perdana mahasiswa berupa perancangan bangku rendah tanpa sandaran serba-guna yang merupakan mebel fungsional di setiap tempat tinggal.
STOOL Project.

Selamat menikmati karya-karya mahasiswa LA-LB-LC-LD35 2020 semester ini.

Salam

Tim Dosen Pengampu: Ade Ariyani S. Fajarwati, Adrianus Kristianto, Ari Subekti, Arijanto Atmadja, Reno Fanthi, Titi Indahyani

Michael Immanuel Tio

‘Chinese Lantern Stool’

Karya ini dibuat mengikuti pola perkembangan desain modern, namun tidak melupakan desain leluhur. Terinspirasi dari desain lentera Cina, stool dirancang dengan dudukan yang rata serta silangan kaki yang di adaptasi dari bentuk luar lentera Cina. Sebagai sambungan antara dudukan dan kaki, ditambahkan bentuk menyerupai huruf G yang terinspirasi dari furniture Cina

Trifena Eunike Karundeng

‘Spoon and Fork Stool’

Karya ini terinspirasi dari alat makan yang biasa tersedia di mie instan, yaitu garpu plastik yang dapat ditekuk/lipat. Namun dalam karya ini tidak hanya mengangkat bentuk garpu, tetapi juga bentuk sendok.

Warna coklat diaplikasikan pada stool ini karena manusia secara tidak sadar telah menghasilkan sampah dari alat makan plastik. Melalui karya ini kita diajak untuk mengurangi sampah alat makan plastik dan menggantinya dengan alat makan berbahan kayu atau bahan lainnya yang ramah lingkungan.

Aurelia Uiesteanta

‘Lilypad Stool’

Terinspirasi dari daun teratai, karena eratai memiliki bentuk daun yang melebar, sehingga cocok digunakan sebagai dudukan, sedangkan kaki stool terinspirasi dari batang pohon yang melengkung dan lebar. Bentuk ini dipilih memberi kesan organik dan natural.

Menggunakan material kayu yang kuat dan tahan lama, serta warna finishing yang natural yaitu warna hijau untuk dudukannya dan coklat untuk kakinya

Raissa

‘Rattan Stool’

Stool yang terinspirasi dari furniture- furniture dirumah nenek, yang kebanyakan terbuat dari rotan. Kursi rotan memiliki rasa nyaman tersendiri, selain itu juga menciptakan suasana yang adem karena celah udara yang terdapat diantaranya. Selain unsur estetika, rotan juga menarik karena bahan material alam memiliki kesan natural dan sangat ramah lingkungan.

Verani Harlinto

‘Chess Stool’

Karya ini terinspirasi dari lantai ruangan yang berpola seperti papan catur. Memiliki desain awal dengan kaki yang bisa dilipat agar mudah dipindahkan, namun berkembang dengan menambahkan beberapa buah catur, yaitu pion dan benteng sebagai inspirasi untuk kaki stool.

Warna hitam dan putih sebagai warna asli papan catur tetap digunakan dengan ditambah warna pop merah sebagai aksen dan warna coklat untuk bagian kaki.

Difia Ramadhani

‘Aloe Vera Stool’

Karya ini terinspirasi dai bentuk alam daun aloe vera yang dipotong melintang untuk diterapkan dalam perancangan stool ini.

Nadia Valerina

‘Froggy Stool’

Terinspirasi dari kodok yang sering kali digambarkan dengan gaya yang lucu, walaupun sebenarnya kodok adalah hewan amphibi yang dianggap menjijikan. Karena stool ini ditargetkan untuk anak-anak, maka kodok dipilih sebagai tema.

Material yang akan digunakan adalah kayu solid seperti kayu jati dan kayu sonokeling, yang tahan terhadap cuaca, suhu, jamur dan serangga, sedangkan untuk finishingnya dapat menggunakan varnish kayu atau timber coat pada kaki dan wood poaint/acrylic based green paint untuk bagian alas duduknya.

Putri Ainayah Gobel

‘Shopping Cart Stool’

Konsep perancangan stool ini adalah shopping cart yang dikenal dengan tersedianya tempat duduk untuk anak yang berwarna warna merah, pegangan panjang untuk mendorong, bentuk trapesium, dan material besi.

Material yang digunakan untuk prototype adalah stick art wood dan yellow board dengan finishing cat merah pada bagian dudukan dan pinggir pegangan, cat putih untuk pegangan, dan metallic silver pada bagian kaki.