TERRAZZO DIY PROJECT FOR MATERIAL KNOWLEDGE I COURSE

Material yang baik digunakan pada tempat yang tepat dapat memberikan pengalaman(experience) khusus bagi penggunanya. Mata kuliah Material Knowledge 1 yang mempelajari material berbahan dasar material alami dan material di sekitar mencoba menggali potensi berbagai material menjadi bentuk komposit sederhana. Mahasiswa mencoba membuat kreasi terrazzo dengan bahan – bahan bekas menjadi material baru yang dapat digunakan dalam perancangan Interior, khususnya proyek residensial. Dengan berbagai material limbah, mahasiswa mencoba mengeksplorasi komposisi semen daan agregat dengan takaran yang baik serta menguji padu padan warna sehingga material bekas mampu memiliki nilai guna yang terbarukan. Material terrazzo juga dianalisa potensinya untuk digunakan sebagai elemen interior beserta berbagai produk aksesorisnya.

Pameran ini menampilkan karya terrazzo terbaik dari hasil Ujian Tengah Semester mahasiswa semester 2 dari matakuliah Material Knowledge 1. Selamat menikmati

Penulis: Siti Chadijah – Faculty Member

Material yang saya pilih adalah salah satu material dari bekas bangunan, yaitu batubata. Material ini mempunyai karakter unik yaitu jika menggunakan mesin dalam membuat material ini, material yang dihasilkan akan halus dan nyaman untuk menjadi bahan dasar / material di  dalam interior maupun furniture. Dan material ini juga mempunyai tekstur lihat atau pattern yang simple namun terlihat mewah yang dapat disesuaikan dengan warna yang dipakai, dan tentunya pembuat material ini dapat bermain dengan warnna agar mendapatkan hasil dan kesan estetika berdasarkan keinginan pembuat.

Konsep saya pribadi setelah mendengar tentang terrazzo ini, saya ingin mencoba membuat berbagai macam terrazzo dengan variasi warna. Saya ingin melihat apakah campuran semen jika ditambahkan dengan warna yang bervariasi akan tetap cocok dan menjadi hasil yang bagus jika dipadukan dengan potongan bata yang telah dihancurkan

Wanda Wijaya / 2301869475

Ini merupakan terazzo yang terbuat dari semen putih dan pecahan keramik. Konsep yang diambil terinspirasi dari motif marble sehingga dalam pewarnaanya seperti marble. Karena masih jarang warna marble ini digunakan. Dalam pewarnaanya sendiri menggunakan cat poster. Finishing menggunakan piloks bening, agar kesan marble terlihat. Terazzo ini dapat diaplikasikan pada dinding kamar mandi ataupun pada lantai. Karena terazzo ini merupakan material yang permukaannya kasar dan tidak licin.

Aurelia Uisteanta/2301853911 

Komposit tersebut sabgat berpotensi dalam desain atau produk interior contohnya seperti lantai, dinding, bahkan furniture. Karena komposit kaca ini memiliki estetika yang cukup baik karena penggunaan kaca apalagi jika kaca yang digunakan warna-warni.

Material ini juga merupakan material yang sustainable dan memiliki aspek keberlanjutan yaitu ekonomis, dan ekologis. Matrerial tersebut juga dapat digunakan dan di re-create. Contohnya jika sewaktu-waktu material tersebut tidak di hancurkan maka dapat diolah kembali menjadi baru.

Contoh sketsa saya tentang penerapan dalam desain interior, digunakan pada dinding. Kaca yang digunakan berwarna hijau dari botol beer heineken

Trifena Eunike Karundeng/2301896274

Hasil dari komposit yang saya buat yaitu campuran dari batu kerikil dan semen memiliki potensi untuk saya aplikasikan sebagai lantai kamar mandi, karna hasil dari komposit ini memiliki tekstur yang sedikit timbul sehingga membuat permukaannya tidak licin Ketika terkena air, maka akan sangat cocok bila komposit ini di aplikasikan pada lantai kamar mandi sehingga saat terkena air orang yang menggunakannya tidak mudah tergelincir karna permukaan lantainya memiliki tekstur, dan pada proyek residensial saya mengusung tema modern minimalis dan itu sangat cocok dengan komposit ini karena warna yang di hasilkan pada komposit ini yaitu hitam dan putih yang warnanya masuk dengan konsep desain di proyek perancangan residensial saya, yang menggunakan dominan warna abu-abu,hitam,putih.

Terlihat sketsa lantai komposit yang di aplikasikan pada lantai kamar mandi, setelah komposit di amplas maka akan muncul motif dari batu kerikil tersebut yang membuat paduan warna hitam dan putih, dan tentunya kerikil yang sudah di amplas memiliki tekstur yang sedikit timbul yang sangat cocok untuk di aplikasikan pada lantai kamar mandi agar tidak licin saat terkena air.

Stevian Khansa/2301899111

Campuran ini memiliki banyak potensi dalam bahan bangunan namun menurut saya pribadi material ini sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan pilar-pilar pada dinding rumah ataupun bangunan besar karena campuran ini memiliki kekuatan yang lebih besar dibandingkan campuran semen biasa yang digunakan karena pillar merupakan tiang penopang rumah yang paling utama sehingga memerlukan material yang kuat , bukan hanya itu campuran ini juga dapat digunakan sebagai bahan yang memperkuat sekaligus menambahkan nilai estetik seperti: lapisan dinding rumah, bahan perekat bata di dinding rumah, teras rumah, dll.

Michael Wiratandela/2301961172

Terraso Pecahan Kaca Terasso ini terbuat dari material yang berasal dari limbah domestik yang dimana limbah tersebut merupakan hasil sisa kegiatan rumah tangga yaitu pecahan kaca seperti cermin, botol kaca bekas minuman dan yang lainnya.Material ini terpilih karena dengan kita mengelola kembali pecahan kaca tersebut dan juga menambahkan warna agar lebih menarik, sehingga kita juga dapat mejadikan fungsi yang baru seperti menjadikannya sebagai keramik dan juga mengurangi adanya sampah dilingkungan sekitar. Pemilihan material berbahan kaca ini juga memiliki tekstur yang padat dan tahan lama apabila dijadikan sebagai material komposit. Cocok untuk diterapkan sebagai terasso penghias dapur, keramik pada lantai kamar tidur, serta untuk kamar mandi karena perawatannya yang mudah untuk dibersihkan dan juga tahan lama.

Lorensia Jasisca Teng/2301858603

Karya Terazzo ini merupakan hasil campuran material keramik bekas dan dan bahan pengikat semen putih. Material Terazzo sifatnya sepert batu granit atau marmer buatan, namun ia menggunakan material daur ulang sehingga warna nya lebih bervariasi dan harganya lebih ekonomis. Hal terbaik dari Terazzo ini adalah ia merupakan sustainable material yang akan membantu mengurangi eksploitasi sumber material yang merusak alam dan mengurangi limbah bangunan.

Difia Ramadhani/2301952520