M. Fachrian K.
NIM: 2201754463
Judul Karya: Armchair Kopi Kolo

Pengantar Karya Desain Furniture 3
Tanpa kita sadari, furnitur memiliki peranan penting dalam menunjang aktivitas kehidupan kita. Sebut saja secara umum: meja, kursi, lemari dan furnitur lainnya; tentunya memiliki peranan masing-masing sebagai sebuah solusi dalam menjawab kebutuhan manusia.
Di sinilah Mahasiswa Desain Interior peminatan Desain Furnitur hadir menampilkan karya-karya segar mereka. Dengan mengangkat furnitur “kursi” sebagai project semester ini, diharapkan masing-masing mahasiswa dapat menghasilkan sebuah karya melalui proses kreatif yang telah melewati tahapan:
    • mengkaji permasalahan
    • menganalisa data
    • melakukan studi-studi
    • memecahkan masalah dan
    • mengungkapkan pemikiran kreatifnya yang diharapkan dapat menjadi sebuah solusi desain dari project yang mereka kerjakan.
Tidak hanya sampai pada tahap desain, mahasiswa juga melakukan tahapan proses produksi dalam pembuatan mock up skala 1:5. Diharapkan melalui pembuatan produk konkret ini, mahasiswa akan melewati pengalaman dan proses pembelajaran yang dapat menginspirasi serta menambah pengetahuan mereka.

Tim Dosen:
Grace Hartanti
M. Ari Subekti
Aldo Fernando

Konsep perancangan design furniture untuk coffee shop KOLO menggunakan konsep modern untuk membuat suasana menjadi nyaman, hangat dan stylish. Furnitur yang akan dirancang adalah kusi berlengan untuk diletakkan pada area indoor coffee shop.

Kursi KOLO memiliki gaya interior natural dengan perpaduan dengan gaya modern yang lebih mengutamakan kenyamanan dari furnitur tetapi tidak melupakan nilai stylish dari furnitur tersebut. Konstruksi kursi menggunakan besi dan kulit dengan gaya natural modern dimana menggunakan konsep minimalis dalam penggunaan material.

Finishing desain kursi KOLO adalah black doff pada bagian besi, bagian sandaran kursi menggunakan anyaman dari kulit dan alas dudukan kursi menggunakan busa tipis dilapisi lembaran kulit, dengan warna kulit dark coffee.