Enny Kherintan Chen Putri
NIM: 2201752413
Judul Karya: Syphon Chair

Pengantar Karya Desain Furniture 3
Tanpa kita sadari, furnitur memiliki peranan penting dalam menunjang aktivitas kehidupan kita. Sebut saja secara umum: meja, kursi, lemari dan furnitur lainnya; tentunya memiliki peranan masing-masing sebagai sebuah solusi dalam menjawab kebutuhan manusia.
Di sinilah Mahasiswa Desain Interior peminatan Desain Furnitur hadir menampilkan karya-karya segar mereka. Dengan mengangkat furnitur “kursi” sebagai project semester ini, diharapkan masing-masing mahasiswa dapat menghasilkan sebuah karya melalui proses kreatif yang telah melewati tahapan:
    • mengkaji permasalahan
    • menganalisa data
    • melakukan studi-studi
    • memecahkan masalah dan
    • mengungkapkan pemikiran kreatifnya yang diharapkan dapat menjadi sebuah solusi desain dari project yang mereka kerjakan.
Tidak hanya sampai pada tahap desain, mahasiswa juga melakukan tahapan proses produksi dalam pembuatan mock up skala 1:5. Diharapkan melalui pembuatan produk konkret ini, mahasiswa akan melewati pengalaman dan proses pembelajaran yang dapat menginspirasi serta menambah pengetahuan mereka.

Tim Dosen:
Grace Hartanti
M. Ari Subekti
Aldo Fernando

Kursi Syphon didesain khusus untuk Cafe ONTHREE yang mempunyai tema fashionable coffee shop yang memiliki desain unik sesuai dengan ciri khas coffee shop itu sendiri. Sehingga Konsep perancangan desain furnitur untuk Kursi Syphon ini menggunakan konsep stylish modern dimana menonjolkan design yang modis dan modern namun tetap nyaman dan sesuai dengan tema Cafe ONTHREE.

 

Material yang digunakan pada Kursi Syphon adalah besi dan rotan. Material tersebut digunakan karena mudah dibentuk sehingga dapat menimbulkan kesan stylish. Material besi digunakan sebagai kontruksi kaki kursi untuk tampilan modern pada kursi tersebut. Sambungan-sambungan dan detail kontruksi pada kaki kursi juga menambah kesan stylish pada kursi tersebut karena mudah dibentuk. Selain itu, penggunaan besi sebagai kaki kursi juga menjadi nilai lebih karena sifat besi yang kuat dan tahan lama.

 

Finishing besi adalah warna hitam doff yang diambil dari warna kusen pada interior Cafe ONTHREE. Material rotan digunakan pada dudukan, sandaran, dan armrest pada kursi tersebut, detail sambungan dapat memperlihatkan kesan stylish dengan memanfaatkan kelebihan dari rotan bersifat mudah dibentuk dan dibengkokan. Sambungan-sambungan rotan berupa pengikatan menyilang dengan tali merah untuk memperkuat sambungan. Finishing rotan adalah cat putih sesuai warna dinding pada Cafe ONTHREE.

 

Agar pengguna tidak terganggu dengan sambungan rangka rotan, pada bagian alas duduk dan sandaran punggung diberi busa dilapis kain demi duduk menjadi nyaman. Kain yang pelapis berwarna merah sesuai logo Cafe ONTHREE.

Ergonomi pada desain Kursi Syphon mengacu referensi armchair kategori ergonomi orang Asia. Sandaran punggung kursi diposisikan lebih miring ke belakang untuk menciptakan kenyamanan relaksasi di atasnya.