Karya: AURELIA UISTEANTA / 2301853911

Dalam perencanaan rumah tinggal kali ini, dirancang untuk sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, 1 anak laki-laki dan 1 anak perempuan. Ayah dan ibunya sudah memiliki usia di atas 50 tahun. Ayahnya bekerja sebagai karyawan swasta dan ibunya sebagai ibu rumah tangga, serta kedua anaknya sudah menjadi mahasiswa. Berdasarkan data-data yang sudah dikumpulkan maka dapat diambil kesimpulan bahwa keluarga ini semua menyukai warna warna yang netral dan tidak terlalu mencolok. Warna dominan yang diambil adalah warna cokelat.Selain itu, warna ini adalah warna yang cocok digunakan untuk semua kalangan umur. Sehingga, mengambil konsep yang cocok adalah “Modern Tropical Cottage”.

Suasana yang diciptakan dari dari konsep ini adalah suasana ruangan yang hangat.  Hal ini dikarenakan warna cokelat yang dominan yang selalu memberikan kenyamanan dan ketenangan tersendiri dalam sebuah keluarga. Konsep tropis diberikan agar orang yang berada di dalam rumah ini dapat merasakan yang dinamakan “Back to Nature”.Agar lebih terasa kesan tropisnya, di dalam rumah tinggal ini terdapat indoor garden yang berada di dekat dapur dan area ruang keluarga. Indoor garden juga dibuat terlihat dari dalam ruangan dengan memakai pivot door kaca agar kesan modernnya juga tersampaikan. Indoor garden ini sendiri juga memiliki banyak fungsi yaitu dapat membuat sirkulasi udara yang baik, mendapatkan cahaya yang maksimal ke dalam ruangan, dan menciptakan pemandangan taman untuk relaksasi. Ada pula teras di belakang rumah yang terhubung langsung dengan master bedroom. Teras belakang ini yang menghadap langsung dengan beraneka ragam tanaman dan difungsikan sebagai tempat untuk bersantai ayah dan ibu sehingga terasa lebih private.

Oleh karena itu, pemanfaatan bahan-bahan alami dalam konsep modern tropis sangat penting seperti kayu, bambu, dan rotan dapat menjadikan rumah tinggal kali ini terasa lebih alami dan nyaman untuk penghuninya.