Kingsley Monliz
NIM: 2201751940
Judul Karya: Essential Chair

Pengantar Karya Desain Furniture 3
Tanpa kita sadari, furnitur memiliki peranan penting dalam menunjang aktivitas kehidupan kita. Sebut saja secara umum: meja, kursi, lemari dan furnitur lainnya; tentunya memiliki peranan masing-masing sebagai sebuah solusi dalam menjawab kebutuhan manusia.
Di sinilah Mahasiswa Desain Interior peminatan Desain Furnitur hadir menampilkan karya-karya segar mereka. Dengan mengangkat furnitur “kursi” sebagai project semester ini, diharapkan masing-masing mahasiswa dapat menghasilkan sebuah karya melalui proses kreatif yang telah melewati tahapan:
    • mengkaji permasalahan
    • menganalisa data
    • melakukan studi-studi
    • memecahkan masalah dan
    • mengungkapkan pemikiran kreatifnya yang diharapkan dapat menjadi sebuah solusi desain dari project yang mereka kerjakan.
Tidak hanya sampai pada tahap desain, mahasiswa juga melakukan tahapan proses produksi dalam pembuatan mock up skala 1:5. Diharapkan melalui pembuatan produk konkret ini, mahasiswa akan melewati pengalaman dan proses pembelajaran yang dapat menginspirasi serta menambah pengetahuan mereka.

Tim Dosen:
Grace Hartanti
M. Ari Subekti
Aldo Fernando

Nama Essential Chair terinspirasi dari desainnya yang memiliki konsep modern minimalist dengan sedikit campuran classic western. Kursi ini merupakan tipe kursi santai yang keberadaannya biasanya terdapat di coffee shop atau restoran yang membuat pengunjung merasa nyaman ketika pengunjung duduk di kursi tersebut. Essential Chair ini menggunakan bahan kayu pinus (pine wood) dan kulit (leather), dan juga memiliki joint-joint yang mudah untuk dipasang.  joint terdiri dari mortise and tenon, sekrup, dan lem kayu. Kursi ini juga menggunakan finishing polyurethane yang memberikan warna dan serat kayu tampak mencolok.

 

Dengan perawatan secara regular kursi ini akan bertahan selama beberapa tahun dengan kualitas yang memuaskan. Untuk mempertahankan kualitas kursi disarankan untuk mengikuti penjelasan di bawah ini.

 

Perawatan kursi ini juga sangat mudah yaitu dengan cara lap kursi tersebut menggunakan larutan sabun lembut, setelah itu lap sampai kering menggunakan kain yang kering pada bagian leather dan menggunakan kain yang kering pada bagian kayu. Cara pembersihan pada bagian kayu disarankan mengikuti arah serat kayu dan disarankan untuk dibersihkan sebulan sekali. Pada bagian kayu disarankan menggunakan polish kayu dengan kain 2 kali pertahun untuk menjaga kualitas kayu tersebut. Pada bagian kaki sangat disarankan untuk diberikan tempelan karet untuk mencegah adanya kerusakan atau meninggalkan jejak pada kursi dan lantai secara permanen.

 

Ukuran dimensi dari kursi ini adalah :

    • Panjang : 68.5 cm
    • Lebar : 57 cm
    • Tinggi : 78 cm
    • Tinggi dudukan : 44 cm
    • Lebar dudukan : 44.8 cm