Fabio Ilyasha Hutagalung
NIM: 2201807091
Judul Karya: Arborea Easy Chair

Pengantar Karya Desain Furniture 3
Tanpa kita sadari, furnitur memiliki peranan penting dalam menunjang aktivitas kehidupan kita. Sebut saja secara umum: meja, kursi, lemari dan furnitur lainnya; tentunya memiliki peranan masing-masing sebagai sebuah solusi dalam menjawab kebutuhan manusia.
Di sinilah Mahasiswa Desain Interior peminatan Desain Furnitur hadir menampilkan karya-karya segar mereka. Dengan mengangkat furnitur “kursi” sebagai project semester ini, diharapkan masing-masing mahasiswa dapat menghasilkan sebuah karya melalui proses kreatif yang telah melewati tahapan:
    • mengkaji permasalahan
    • menganalisa data
    • melakukan studi-studi
    • memecahkan masalah dan
    • mengungkapkan pemikiran kreatifnya yang diharapkan dapat menjadi sebuah solusi desain dari project yang mereka kerjakan.
Tidak hanya sampai pada tahap desain, mahasiswa juga melakukan tahapan proses produksi dalam pembuatan mock up skala 1:5. Diharapkan melalui pembuatan produk konkret ini, mahasiswa akan melewati pengalaman dan proses pembelajaran yang dapat menginspirasi serta menambah pengetahuan mereka.

Tim Dosen:
Grace Hartanti
M. Ari Subekti
Aldo Fernando

“Arborea Easy Chair”, adalah kursi santai bertema modern natural, dimana didesain untuk ditempatkan di sebuah kafe di daerah Gatot Subroto yaitu Arborea Cafe. Arborea Cafe adalah kafe yang sedang hits di kalangan anak muda Jakarta, dimana selain desainnya unik, juga layoutnya menarik yaitu berada di tengah-tengah hutan mini dengan beragam pohon yang dibangun sendiri. Tema ini juga berhubungan dengan lokasi kafe tersebut, yaitu berada di area Gedung Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Jadi selain bisa menikmati kopi nusantara yang enak, juga bisa belajar dengan flora-flora yang ada di sekitar sana.

Arborea Cafe memiliki menu yang cukup beragam, dengan spesialisasinya kopi nusantara, sisanya makanan ringan seperti roti, dan makanan berat seperti pasta dan nasi goreng. Alasan saya membuat easy chair ini adalah karena furniture indoor-nya yang monoton, dan tidak sesuai fungsinya. Jadi saya tertarik untuk mendesain kursi yang sesuai dengan kebutuhan kastemer yang duduk santai, duduk dalam jangka waktu lama sambil menyeruput kopi.

Easy chair ini berbentuk menyesuaikan bentuk kafenya, bangunannya memiliki bentuk khas yaitu seperti tumpukan kayu, jadi saya wujudkan pada kursi ini dimana bentuk tersebut ditempatkan di bagian kaki kursi atau legs. Setiap batang kayu tersebut memiliki lebar 6 cm, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Jadi bentuknya itu menyerupai 3 tumpukan batangan kayu.

Selain terinspirasi dari bangunannya juga ada alasan estetika. Karena mengusung tema modern natural, saya menggunakan 2 material utama, yaitu kayu pinus dengan naturalnya, dan kain velvet dengan modernnya. Ditempatkan khusus untuk bagian indoor pada Arborea Cafe, didesain untuk costumer yang ingin duduk santai sambil menikmati pemandangan hutan mini di sana. Kursi ini memiliki dimensi 70x86x76cm3. Memiliki sandaran punggung 105 derajat agar cocok untuk segala usia. Sandarannya tidak terlalu tegak, juga tidak terlalu rebah.