Karya: CHRISTOPHER ANDREAN / 2201740331

Padatnya Ibu Kota Jakarta dengan bangunan tinggi dan minimnya luas lahan, mencari perkantoran yang memiliki luas area yang cukup untuk memenuhi segala aktivitas mulai sulit. Padatnya area kerja pada suatu perkantoran berdampak dengan kualitas kerja para karyawan. Pada masa pandemic saat ini, sirkulasi ruangan menjadi salah satu yang harus diperhatikan dalam mendesign area tertutup untuk megurangi penyebaran.

 

Prinsip Intercative Open Space yang bertujuan untuk menciptakan area kerja yang kolaboratif dengan system komunikasi yang baik pada tiap divisi, diterapkan pada perancangan interior kali ini dengan memaksimalkan penggunaan ruang. Sebagai perusahaan pariwisata yang berbasis online di Indonesia, sangat baik bila menonjolkan pariwisata yang ada di Indonesia sendiri. Local Content yang digunakan berasal dari daerah Sumba dengan seluruh keeksotisan pulau tersebut, mulai dari pemandangan, budaya, rumah adat.

Pada perancangan kali ini terdapat 3 ruang yang menjadi focus design, yaitu ruang reception/lobby, area kerja, dan juga area khusus pilihan yaitu area pantry. Setiap area tersebut memiliki nama tersendiri yang diambil dari rumah adat masyarakat Sumba yaitu Uma Mbatangu. Setiap area tersebut memiliki cirri khas tersendiri yang diambil dari budaya Sumba.

Area reception/lobby diberi nama The Kabala Lobby. Kabala Lobby sendiri merupakan area menerima tamu dari Uma ‘Mbatangu. Pada saat memasuki area ini, terdapat meja receptionist yang memiliki pattern dari tenun Sumba. Terdapat backboard dengan logo “Happiness Dott” milik Tiket.com. Happiness Dott tersebut merepresentasikan matahari yang terbit di Pulau Sumba, seperti semangat kerja para karyawan di pagi hari. Area Kerja diberi nama The Rapu. Rapu diambil dari area tengah Uma ‘Mbatangu. Area ini merupakan inti rumah adat tersebut, terdapat perapian yang berguna untuk menghangatkan rumah sehingga penghuni rumah tetap dapat melakukan aktivitas. Diharapkan dengan pemberian nama The Rapu dapat merepresentasikan area kerja sebagai penggerak perusahaan.