Karya: PITRRY PUTRI / 2201760743

Konsep yang digunakan dalam perancangan office WOWBID adalah Future Sustainable Office yang menciptakan interior kantor yang eco-friendly dan mengangkat kearifan local nusantara Kalimantan dengan tujuan melestarikan budaya nusantara Indonesia dengan memperhatikan fungsi estetika yang ada serta jiwa dari suatu ruangan selain dari dari sekedar estetika itu sendiri.

Sirkulasi area yang digunakan adalah sirkulasi linear dimana furniture terlihat disusun berdasarkan simeteris ruangan, dan dikelompokkan secara linear untuk membentuk perbedaan area. Dalam merancang interior sebuah office, harus memperhatikan struktur bangunan danĀ  elemen interior yang meliputi wall covering, flooring dan ceiling ruangan dari segi material, efisiensi area sirkulasi, aksen ruangan dan juga visual entrance yang menampilkan cirri khas dari office itu sendiri.

Selain penataan elemen interior, penataan mechanical electrical juga sangat penting untuk diperhatikan dalam merancang interior sebuah office. Penempatan saklar, central ac, smoke detector dan sprinkle harus diperhatikan agar tidak menggangu efisiensi area kerja karyawan yang bekerja dalam sebuah ruangan. Berkaitan dengan tata pencahayaan ruangan, terdapat beberapa general lighting seperti lampu downlight untuk menerangi seisi ruangan, lampu hanging lamp pada area kerja karyawan dan area chief dikarenakan area working space dan chief berada di area yang mendapatkan pencahayaan alami dari luar, sehingga tidak memerlukan lampu yang terlalu banyak untuk menghemat energi.

Pengaplikasian konsep Sustainable diterapkan dalam segi material yang recyclable dan long-lasting yang digunakan sebagai bahan furniture dalam ruangan, dan pemilihan color palette yang digunakan untuk menciptakan kesan dari kearifan local dan mencerminkan karakteristik dari perusahaan itu sendiri. Perancangan office ini diharapkan memberikan kesan Future Sustainable dengan menonjolkan warna, material dan kearifan local batik untuk Office WOWBID dalam bidang e-commerce.