Karya Tugas Akhir 2020

Anthony Saputra
2001550136

Setiap stasiun tentunya mempunyai peraturan untuk tidak makan dan minum di dalam area peron sampai selasar stasiun. Berbeda dengan area luar peron dan selasar, penumpang diperbolehkan melakukannya. Namun pengelola stasiun tidak menyediakan tempat untuk makan atau minum. Melihat dari kasus tersebut seharusnnya pengelola mulai memberikan tempat khusus berupa funitur yang bisa digunakan untuk sejenak minum atau beristirahat. Melihat dari kebutuhan penumpang yang ada, penulis merasa pentingnya perancangan sistem furnitur dan aksesorinya diadakan pada area luar ini.
Furnitur dan aksesori interior ruang publik merupakan tipe perancangan yang patuh peraturan yang diberlakukan stasiun bagi para penumpang moda MRT.
Bentuk setiap
furnitur merupakan ciri identifikasi untuk apa dia dirancang. Furnitur pada ruang publik, semi outdoor ini menggunakan modul yang direncanakan produksi massal. Desain funitur untuk mendukung kegiatan di dalam ruangan serta menjadi bagian dari solusi permasalahan gaya hidup penumpang berada di stasiun.

 

Ide perancangan diambil dari logo MRT, bentuk yang plastis-luwes bewarna biru dan hijau menjadikan furnitur tampil mencerahkan suasana interior ruangan stasiun. Bentuk furnitur adalah hasil transformasi bentuk logo MRT yang dibelah menghasilkan sebuah modul demi memudahkan peletakkan dengan sistem modular.