Karya Tugas Akhir 2020

Deleana Caecilia
2001541402

Bertambahnya usia manusia sangat berpengaruh pada banyak hal, di antaranya yaitu berkurangnya penglihatan, pendengaran, berkurangnya kemampuan sensorik dan motorik, kebugaran jasmani, dan sebagainya. Tidak sedikit juga lansia yang dititipkan atau secara pribadi memutuskan untuk tinggal di Panti Jompo dimasa tuanya. Di sini para lansia akan menghabiskan hari-harinya dengan kegiatan-kegiatan positif seperti olahraga, kegiatan berkarya bersama, bercengkrama, belajar, dan kegiatan lainnya. Namun berkurangnya kemampuan motorik dan sensorik lansia tentu menjadi penghambat dalam aktivitasnya sehari-hari.

 

Lansia tidak lagi memiliki jangkauan yang sama dengan manusia dewasa pada umumnya. Oleh karena itu, Penulis merancang furnitur dan aksesoris yang mampu menunjang dan mempermudah kegiatan keseharian lansia serta memungkinkan lansia untuk tetap bergerak dan beraktivitas tanpa bantuan tambahan dari caregiver. Furnitur dan aksesoris didesain dengan memperhitungkan kenyamanan ergonomi, anthropometri, material, bentuk, dan konstruksi metode lifting untuk meminimalisir resiko kecelakaan yang dapat mengakibatkan lansia terluka sesuai dengan hasil pengamatan dan wawancara survey.

 

Metode lifting sudah dikenal di bidang perancangan untuk membantu pekerjaan berat, lansia, serta disabilitas. Selain pengguna metode lifting, perancangan ini juga mengambil konsep Lindung Senja yang menstilasi matahari terbenam (dari kata senja) serta penggunaan material ringan dan lembut (dari kata lindung). Memperhitungkan kegiatan lansia pada umumnya di Ruang Beraktivitas Panti Jompo, rancangan ini menghasilkan 3 buah furnitur dan 2 aksesoris yakni meja, kursi, lemari, carrier, serta partisi.