Karya Tugas Akhir 2020

Jihan Shafira Noza
2001563901

Semakin tingginya ketertarikan wisatawan yang berkunjung ke Ibukota, semakin banyak juga masyarakat yang teredukasi akan desain dan haus akan merasakan pengalaman baru dalam pemilihan penginapan. Namun kurangnya perancangan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pengunjung hotel dan dalam meningkatkan penggunaan material ramah lingkungan, membuka celah untuk desainer interior dan furnitur menciptakan perancangan yang dapat melengkapi fasilitas kebutuhan aktivitas pengunjung hotel dengan mengangkat pemanfaatan material ramah lingkungan.


Perancangan furnitur dan aksesoris interior ini difokuskan pada lobi hotel meliputi, one seater sofa besar ergonomis yang diharapkan, pengunjung hotel dapat menggunakannya untuk menikmati waktu menunggu maupun waktu bersantainya dengan nyaman. Sofa ini dilengkapi dengan coffee table, rak majalah dan standing lamp untuk area lobby lounge dan untuk perancangan bar stool diletakkan pada area bar lobi. Pemanfaatan material ramah lingkungan yang di aplikasikan pada furnitur dan aksesoris interior hotel ini yaitu limbah kayu susun sebagai material utama. Pemanfaatan material ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan material ramah lingkungan dan mengurangi limbah kayu yang menumpuk.

 

Konsep perancangan furnitur dan aksesoris interior pada hotel butik ini, yaitu “Bergerak Secara Dinamis”. Konsep ini terinspirasi dari pola manusia bergerak secara dinamis yang diangkat dari gaya hidup masyarakat kota. Dengan gaya hidup yang terkesan bebas dan mudah mengikuti perkembangan zaman modern atau mudah beradaptasi dengan sesuatu yang baru (trending) pada kehidupan sehari-hari membuat gaya hidup ini menjadi bergerak secara dinamis. Dari konsep ini keluar bentuk desain organik diaplikasikan pada furnitur dan aksesoris interior dengan penggunaan warna-warna fresh netral dan earth tone untuk meningkatkan mood pengunjung.