Karya Tugas Akhir 2020

Meicyn Gracekhezia Arrung Dalle
2001585354

Konsep perancangan furnitur dan aksesoris pada Rumah Sakit Ibu dan Anak terispirasi dari rahim seorang ibu. Rahim seorang ibu menjadi tempat peraduan pertama setiap bayi miliki. Tempat paling nyaman bagi berkembangnya sebuah janin tumbuh menjadi bayi. Rahim yang lemah memberi resiko tinggi mengalami keguguran bayi yang sedang dikandung seorang ibu. Selama masa kehamilan seorang calon ibu tidak boleh mengalami stres atau depresi yang berlebihan. 


Merancang sebuah furnitur untuk digunakan ibu hamil dan menyusui bayi harus memperhatikan ergonomi dan antropometri tubuh wanita dewasa yang sedang hamil serta dalam pemulihan pasca kehamilan. Studi ergonomi dan antopometri dilakukan mendalam dikhususkan kepada mereka melalui pengukuran yang intens.
Perbedaan antara perempuan yang belum menyusui dan ibu menyusui terletak pada fisik. Ketika perempuan berada pada rentang masa kehamilan hingga sesudahnya dan menyusui maka selama itu pula terjadi perubahan fisik seperti pinggul melebar, payudara membesar, berat badan juga akan naik drastis.

 

Selain terjadi perubahan fisik maka terjadi juga perubahan psikologis seperti stres, lelah, ingin diperhatikan, dan lain-lain. Sebagian ibu mengalami depresi pasca melahirkan atau biasa disebut baby blues. Depresi ini memiliki tanda seperti tidak ingin menyusui bayi sendiri atau merasa tidak nyaman mendekap bayi di dadanya. Perancangan furnitur khusus ini untuk mengurangi beban setiap ibu melalui masa-masa berat kehamilan disambung periode menyusui dengan memberikan kenyamanan ekstra beristirahat di atasnya. Untuk itu pemilihan bahan dan warna mendukung desain yang cermat dilakukan agar sesuai dengan tujuan perancangan ini, disesuaikan pula dengan interior ruang-ruang dalam RSIA.