Karya Tugas Akhir 2020

Danuarta Gunawan
2001538622

Konsep yang digunakan pada perancangan Furnitur dan Aksesoris Interior Pusat Rotan adalah “Rangkaian Hutan Perotan”. Konsep ini menggambarkan tumbuh kembangnya rotan yang subuh di tanah nusantara. Dalam konsep ini juga mempresentasikan tumbuhan rotan yang terangkai menyatu dengan tumbuhan sekitarnya dengan cara bertumbuh merapat pada pohon besar. Sifatnya yang teguh dalam proses pengolahan seperti tekan, tarik, geser, belah, dan patah, menjadikan banyak nilai moral dalam sebuah material non kayu Indonesia ini.


Di sisi lain, Rotan itu sendiri merupakan material non kayu Indonesia yang berusaha bertahan menandingi olahan kayu di Indonesia. Semangat para pengrajin dan semua pelaku desain dalam menjadikan produk olahan rotan mendunia terus didedikasikan. Dengan konsep ini, diharapkan pengunjung ataupun semua pelaku desain menjadi lebih termotivasi untuk mengembangkan terus produk olahan di Indonesia ini.

 

Selain itu, produk atau furnitur yang diimplementasikan dalam Pusat Rotan diharapkan dapat menarik minat pengunjung untuk mengeksplorasi secara lebih interaktif dalam mengenal material rotan khususnya di Indonesia ini.