Karya Tugas Akhir 2020

Reno Galang Ihsan
2001580145

Kereta api merupakan moda transportasi yang banyak digunakan dan tersebar di pulau Jawa. Kereta api seiring dengan perkembangan waktu semakin berkembang dengan adanya layanan kelas-kelas baru seperti kelas priority dan luxury. Kelas-kelas tersebut merupakan kelas teratas yang ditawarkan oleh PT. Kereta Api Indonesia. Kelas-kelas tersebut hampir semuanya diberangkatkan dari kota Jakarta dengan fasilitas dan layanan yang khusus.
Konsep Imaji Tari Topeng Betawi merupakan konsep yang mengambil inspirasi dari tarian tradisional yaitu Tari Topeng Betawi. Bagian dari tarian ini yang menjadi asal inspirasi dari perancangan ini adalah filosofi makna, ciri khas bentuk atribut tarian, serta skema warna pada atribut tarian. Filosofi makna dari tarian ini adalah dijauhkan dari mara bahaya. Filosofi digunakan pada perancangan yang penggunanya adalah penumpang yang sedang melakukan perjalanan.


Skema warna yang terdapat pada atribut Tari Topeng Betawi adalah warna oranye kemerahan, hijau, kuning krem serta biru. Skema warna yang diterapkan pada perancangan ini merupakan warna kesatuan antara skema warna atribut tarian dengan skema warna ciri khas PT. KAI. Warna tersebut adalah biru tua dan oranye kemerahan, warna tersebut menjadi warna utama pada perancangan ini. Warna tersebut juga diterapkan pada furnitur dan aksesoris yang dirancang pada ruang tersebut. Bentuk yang diterapkan pada perancangan ini merupakan bentuk stilasi dari atribut topeng serta mahkotanya yang membentuk elips cembung dan bentuk melingkar.