Karya Tugas Akhir 2020

Ichsan Nur Rachman
1901511065

Konsep perancangan furnitur dalam perpustakaan sekolah setingkat SMA ini adalah “Dinamika Islam Milenial”. Ini diperuntukkan bagi siswa-siswi di era milenial ini menempuh pendidikan di sana. Perpustakaan kembali menjadi fasilitas penting yang populer bagi siswa sekolah aliyah melalui peremajaan desain furnitur, fixtur peletakkan buku-buku serta meja dan lampu baca. Dukungan desain interior dengan furnitur perpustakaan yang trendi mengikuti gaya kekinian adalah daya tariknya yang utama.


Gaya yang diterapkan pada perancangan perpustakaan sekolah Islam ini adalah modern. Gaya ini untuk memberikan karakterisitik dan keunikan tersendiri yang segar melalui perancangan furnitur dan aksesoris perpustakaan sekolah Islam. Dengan menggabungkan elemen/
ornamen Islam dengan desain zaman sekarang
mendorong baik siswa maupun guru betah berkunjung dan berlama-lama berada di dalam perpustakaan.


Bentuk perancangan furnitur didominasi oleh ornamen-ornamen geometri Islam. Geometri adalah salah satu ornamen Islam yang sangat terkenal dan sering digunakan pada dinding, interior, kubah/atap masjid, teknik kaligrafi serta pada furnitur. Geometri menjadi teknik untuk membentuk jejaring laba-laba demi memiliki lengkungan-lengkungan serta kemiringan pada setiap sisi dengan pola yang berulang-ulang.