Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Sebagai Bangsa Indonesia hendaklah kita mencintai budaya kita sendiri, untuk itu pada hari ini Jurusan Desain Interior Binus ikut berpartisipasi dalam rangka memperingati hari Batik Nasional yang sudah berumur 11 tahun sejak ditetapkannya . Kali ini para pengajar diminta untuk ikut berkontribusi dalam tantangan aplikasi kain batik dalam tata saji dan dekor meja sudut. Tantangan ini tidak hanya membuat para pengajar lebih jeli dalam menata dan mendekor tetapi juga dapat melihat bahwa sehelai kain batik juga memiliki berbagai cerita. Tidak hanya dapat diaplikasikan dalam bentuk pakaian yang kita kenakan, kain batik juga dapat digunakan sebagai aksesoris interior, seperti sarung bantal, taplak meja atau hanya sekedar penghias ruang. Dengan menggunakan kain batik sebagai elemen dekorasi rumah, kita tidak hanya sekedar mempercantik ruang tetapi juga dapat lebih mencintai dan menghargai kebudayaan Bangsa Indonesia.

Para pengajar Desain Interior mencoba mengaplikasikan dalam tata saji ataupun sudut menarik pada interior. Sehelai kain batik tersebut diaplikasikan pada berbagai elemen dekorasi interior seperti table runner, placemate atau alas perangkat makan, maupun bantal pada sofa. Ayo coba berkreasi dengan koleksi batik Anda.

Selamat Hari Batik Nasional, kalau bukan kita, siapa lagi yang melestarikan warisan budaya kita.