Jurusan Desain Interior BINUS University, Jakarta, kembali menggelar Guest Lecture yaitu perkuliahan disampaikan oleh dosen tamu. Guest Lecture kali ini dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom sebagai pengkayaan untuk mata kuliah Art Principles yang sedang dijalani oleh mahasiswa semester 1.

Kegiatan yang diselenggarakan pada hari Selasa, 13 Oktober 2020 ini dibawakan oleh Ms. Santy Saptari, founder dan principal consultant dari Santy Saptari Art Consulting, sebuah perusahaan konsultasi seni rupa dan manajemen seni. Dengan mengangkat topik ‘On Curating and Exhibition Making’, pada kesempatan ini Ms. Santy memberikan pemaparan mengenai dua proyek pameran seni rupa yang pernah dikerjakannya. Pameran pertama yang dipaparkan adalah pameran bertema #perempuan yang diselenggarakan di Melbourne, Australia pada tahun 2018 silam. Pameran tersebut memamerkan karya 8 seniman muda Indonesia yang mengangkat berbagai issue mengenai perempuan melalui berbagai media seperti fabrics, kaca, video, resin dan lain sebagainya. Pameran kedua yang dipaparkan adalah pameran virtual Tomorrow is Tomorrow, yang diselenggarakan sebagai respon dari pandemic covid-19, dimana seniman dengan segala keterbatasannya tetap bisa berkarya dan mengekspresikan ide-ide mereka.

Ms. Santy juga menjelaskan bagaimana proses penyelenggaraan sebuah pameran seni, mulai dari inisiasi proyek, pemilihan tema dan konsep, pemilihan dan kurasi karya, proses diskusi dengan para seniman sampai dengan tahap eksekusi pameran. Diskusi yang sangat menarik diikuti dengan pertanyaan-pertanyaan dari dosen dan mahasiswa yang hadir. Akhir sesi ditutup dengan kesimpulan dan foto bersama.