Webinar Online Lecture dalam rangkaian acara Product Knowledge Series yang diselenggarakan oleh Interior Design Lab. Jurusan Desain Interior BINUS University @Jakarta mengundang dosen tamu dari PT. Propan Raya.

Adapun dosen tamu tersebut adalah

  • Bpk. ACENG MUHAEMIN; Wood Finish Product Manager PT. Propan Raya untuk produk cat kayu furniture & interior; IMPRA, yang mendapat penghargaan original brand Indonesia dari majalah SWA
  • Bpk. SUHARSONO LEGOWO; Lulusan Universitas Katolik Parahyangan jurusan Arsitektur dan program S2 di IPPM. Menangani produk-produk cat pelindung kayu untuk Hotel Resort dan Rumah Tinggal.Beliau menjabat sebagai Business Unit Manager merangkap Wood Care Product Manager dan membawahi team creative design PT Propan Raya ICC.Produk andalan yang ditangani beliau meliputi Ultran Lasur berkualitas mencapai taraf internasional. Saat ini beliau sedang fokus mengembangkan produk-produk waterbased yang ramah lingkungan seperti Propan Wood Stain, Ultran Aqua Politur dan Ultran Aqua Lasur.

 

 

Melalui kesempatan ini mahasiswa dan dosen bersama-sama menyimak pemaparan kedua dosen tamu yang expertise dalam produk dan teknik pengecatan sebagai tahapan finishing permukaan kayu untuk pemakaian interior, eksterior dan furnitur.

Pekerjaan dimulai dengan perkenalan karakter kayu yang diketahui memiliki serat yang indah. Serat indah tidak untuk ditutupi akan tetapi harus dilindungi. Perlindungan diberikan oleh varnish untuk tampilan warna transparan sekaligus memberi penguatan bagi serat kayu. Varnish larutan tersedia dalam 2 jenis yaitu yang water based tanpa warna bening dan yang solvent based bewarna kekuningan.

 

Selanjutnya diperkenalkan  tahapan memberi warna pada permukaan kayu sesuai kebutuhan yaitu natural color, transparant color, semi transparant color dan solid/opaque color. Permukaan kayu terlebih dulu diratakan dengan wood filler sebagai dempul untuk siap menerima larutan coating lapis demi lapis. Propan memiliki pilihan aplikasi mewarnai kayu tanpa menutup serat kayunya dengan wood stain sampai aplikasi untuk memberi aksen shading dan highlight pada kayu dengan glaze, dengan hasil akhir finishing topcoat clear. Sementara untuk mewarnai kayu dengan menutup serat kayu, umumnya pada triplek dan plywood, digunakan wood putty untuk dempul bagi persiapan pewarnaan solid/opaque yang populer dikenal sebagai cat duco, dengan hasil akhir finishing topcoat solid.

 

Tidak sampai di situ, Propan memiliki divisi pengembangan produk yang menjembatani keinginan pasar/desainer dengan hasil akhir yang bisa diterapkan di lapangan. Produk-produknya berupa inovasi bagi ragam efek pada permukaan kayu dan bukan kayu tapi tampil semirip kayu. Ada tekstur kayu di atas bahan metal, ada efek bakar, ada lapisan prada, ada efek menyerupai serat kayu lain, yang semuanya unik. Efek-efek ini adalah produk inovasi untuk memungkinkan desainer dan mahasiswa desain interior tentunya, berkarya di bidangnya. Finishing yang diberikan pada permukaan kayu interior dan furnitur akan sangat personal dan tiada dua sekaligus mampu menciptakan tren-tren finishing cat di masa yang akan datang.

 

Terima kasih Propan!

 

Salam,

RF