Visual Merchandising: Maket Window Display dengan tema Lingkungan Hidup
Mata kuliah Visual Merchandising adalah subject yang mempelajari mengenai tata pajang pada industri ritel. Pada mata kuliah ini dipelajari bagaimana menarik perhatian calon pelanggan untuk membeli atau menggunakan suatu produk yang sedang dipasarkan. Jenis tata pajang yang dipelajari mencakup window display, floor display, Point-of-Purchase display, dan beberapa jenis tata pajang lainnya.
Penilaian akhir semester ganjil 2019/2020 untuk mata kuliah ini adalah mahasiswa diminta merancang sebuah window display dengan menerapkan tema Lingkungan Hidup. Tema ini diangkat selain karena bertepatan dengan bulan perayaan Hari Lingkungan Hidup, juga sebagai sosialisasi kepada masyarakat akan lingkungan hidup yang kita miliki. Merk yang dapat dipilih mahasiswa harus merk yang juga memiliki kepedulian terhadap lingkungan, dengan kriteria penilaian meliputi keberhasilan penyampaian pesan display, kreativitas, komposisi, serta kerapihan. Dengan beragamnya intepretasi mahasiswa terhadap tema yang diangkat, maka luaran dari tugas ini pun kombinasi antara display yang menampilkan keindahan alam, dan alam yang telah rusak. Diharapkan tugas ini dapat melatih skill dalam mendesain tata pajang, dan meningkatkan kepedulian terhadap isu-isu lingkungan hidup. Berikut adalah karya-karya terbaik dari penilaian akhir semester ini.
Dila Hendrassukma – Faculty Member
Comments :