Konten lokal pada budaya Indonesia itu sangatlah beragam dan banyak jenisnya. Namun bagaimana jika konten lokal kita buat dalam bentuk furnitur dan aksesoris pada desain interior? Namun kita fokuskan pada desain hotel, pastinya akan beragam sekali desain tersebut dan dapat meningkatkan jiwa nasionalisme bangsa-bangsa muda Indonesia untuk lebih mencintai dan mengenal Indonesia lewat karya desain furniture dan akesoris pada desain hotel.

Tema dari webinar kali ini adalah “Local Content for Furniture & Accessories in Hospitality Design” dengan narasumber Bapak Christianto Roesli sebagai bagian dari HDII, Bapak Rico Rindoko sebagai owner Mil and Bay dan dipandu oleh moderator aktivis HIMDI, Elizabeth Jessica Muliadi.

Seminar yang diselenggarakan secara online ini disponsori oleh Mil and Bay. Dalam kesempatan ini Mil and Bay mempresentasikan produk-produk lokal konten yang dapat dijadikan inspirasi pada desain hotel.

Dalam webinar kali ini dipaparkan bagaimana kita mendesain furniture yang mengambil tema lokal konten dan pengaplikasianya dalam kebutuhan interior hotel. Bapak Christianto Roesli sebagai bagian dari HDII menjelaskan cara pengaplikasian furnitur maupun desain interior bertema lokal konten sehingga mahasiswa/mahasiswi yang hadir dapat menambah wawasan tentang lokal konten. Lokal konten bukan hanya ukiran saja, bisa juga diterapkan pada form, color, line, space, material (marmer, tembaga, kayu, sigras (pandan laut), pelepah pisang, eceng gondok, kayu, daun pelapah kering (belarak), dll.

Dalam webinar kali ini juga dijelaskan bagaimana kita mendesain furnitur yang mengambil tema lokal konten dan pengaplikasianya dalam kebutuhan interior hotel. Bapak Rico Rindoko sebagai owner dari Mil and Bay, menjelaskan cara pengaplikasian furnitur dan cara pembuatan furnitur lokal konten, pengalamannya dalam bidang furniture kepada mahasiswa/mahasiswi yang telah hadir dalam webinar ini. Terlihat juga antusiasme mahasiswa/mahasiswi Binus yang hadir melalui sesi diskusi dengan cukup banyak pertanyaan mengenai ‘Local Content for Furniture & Accessories in Hospitality Design’.

Seminar ini terbuka untuk umum dan dihadiri oleh 115 peserta dari kalangan mahasiswa maupun dosen.