Perancangan Interior Kids Hub Bekasi

Karya: Safira Syawalina Prawira / 2001558510

Konsep perancangan berasal dari latar belakang kurang pahamnya orang tua terhadap pentingnya potensi anak pada perkembangan usia dini yaitu dari usia lahir sampai 6 tahun (the golden years). Padahal, pencapaian maksimal keberhasilan proses tumbuh kembang sangat ditentukan oleh keaktifan orang tua melakukan rangsangan atau stimulasi pada anak, atau bisa disebut juga parenting.

Terinspirasi dari kasus tersebut, muncul sebuah ide untuk merancang wadah yaitu Kids Hub dengan tujuan agar dapat membantu mengoptimalkan kemampuan anak dan merangsang kreatifitas dari sejak dini dengan menyediakan kelas, indoor playground, perpustakaan, multifunctional hall dan kafe yang dapat digunakan oleh orang tua.

Salah satu faktor yang dapat membantu proses perkembangan anak adalah faktor permainan. Anak paling banyak menghabiskan waktu dengan mainan atau aktifitas bermain karena hal ini merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi mereka. Permainan juga berpengaruh pada perkembangan kognitif, sosial, dan emosional anak.

Konsep perancangan Kids Hub berjudul Wahana Imaji Ceria mengambil inspirasi dari berbagai jenis permainan untuk anak. Kata wahana merupakan sinonim dari kata role play. Role play sendiri merupakan permainan yang memberikan peran kepada pengguna atau anak. Contohnya seperti di Kidzania dimana setiap wahana permainan memberikan peran pengalaman pekerjaan orang dewasa.

Kata imaji berasal dari permainan imaginative play. Imaji merupakan gambar yang berarti ia memiliki titik berat stimulan dari visual. Dengan kata lain anak berimajinasi dari stimulan visual sebuah objek atau mainan. Sedangkan ceria merupakan emosi yang dirasakan anak saat sedang belajar atau bermain.

Safira Syawalina Prawira