Karya: Rifqi Faadhila Muhammad / 2001583430

TERAFILI diangkat sebagai pernyataan desain dimana terafili adalah akronim dari kata “terapi” yang merupakan sinonim dari penyembuhan dan penenangan dan kata “biofilia” yang merupakan sebuah teori yang menyatakan bahwa adanya keterikatan yang kuat antara manusia dengan alam atau lingkungan yang mampu memberikan dampak positif terhadap jiwa dan raga manusia dan menjadi dasar desain biofilik.

Jika diartikan, Terafili adalah sebuah konsep yang menerapkan unsur-unsur biofilik yang terdapat di alam yang kemudian diaplikasikan ke dalam desain baik secara visual seperti bentuk dari alam yang dinamis dan warna yang diambil dari obyek alam atau non-visual seperti suara yang merepresentasikan situasi alam yang dapat memberikan dampak positif berupa penyembuhan, relaksasi dan ketenangan dan kenyamanan kepada pengguna.

INTERIOR didesain dengan tujuan memberikan suasana yang menyambut dan hangat bagi pasien. Penggunaan material vinyl motif kayu memberikan kesan hangat sekaligus menyeimbangkan warna furnitur dan dinding dengan interior secara keseluruhan. Unsur biofilik yang diterapkan adalah bentuk lengkung dan dinamis yang terinspirasi dari bentuk tanaman alpukat. Elemen tambahan seperti tanaman artifisial pada dinding ditambahkan untuk memperkuat kesan alami pada interior.

FURNITUR dan AKSESORIS pada perancangan didasari oleh beberapa masalah yang ditemukan pada furnitur yang ada saat ini seperti; bagaimana furnitur dan aksesoris dapat memenuhi kegiatan pengguna sekaligus memberikan dampak positif terhadap tubuh pengguna, dan bagaimana furnitur dan aksesoris dapat menerapkan penggunaan material yang sesuai dengan standar fasilitas pelayanan kesehatan sekaligus menerapkan unsur-unsur desain biofilik didalam-Nya.

Mengacu pada pernyataan desain ‘Terafili’, konsep furnitur dan aksesoris interior didasari oleh ikatan yang kuat antara manusia dengan alam dimana ikatan kuat manusia dengan alam ini dapat memberikan dampak positif terhadap tubuh manusia.