Karya: Indhiradewi Nurzahrah / 2001537411

Dimulai dari sejarah seni rupa modern Indo­nesia yang beberapa kali terjadi penolakan terhadap gaya-gaya yang dianggap ‘tidak mencerminkan situa­si dan kondisi masyarakat’ pada saat itu. Seperti peno­lakan gaya Mooi Indie dangaya Dekoratif. Semenjak itu, karya seni memiliki ide pokok situasi dan kondisi masyarakat Indonesia. Walaupun begitu, masyarakat itu sendiri jarang dilibatkan dalam karya seni. Sehingga seni masih menciptakan dunia eksklusivitasnya sendi­ri yang ‘orang luar’ sulit untuk masuk kedalamnya.

Seni kontemporer atau seni masa kini sudah mulai mencoba untuk melibatkan masyarakat terutama penik­mat seni kedalam karyanya. Tetapi belum ada sarana un­tuk penikmat seni dilibatkan dalam karya seniman. Den­gan Fine Art Center, lingkup kegiatan seni tidak eksklusif hanya untuk seniman dan segenap praktisi lainnya; teta­pi penikmat seni pun dapat langsung merasakan proses artistik yang berlangsung di dalam dunia seni. Fine Art Center dirancang untuk mewujudkan ekspresi artistik.

Dengan mengangkat judul konsep ‘Selamat Pagi, Selamat Pergi Bekerja.’, merefleksikan kegiatan bangun dan bekerja pagi yang terjadi di suburban Jakarta. Bentuk transformasi dari ‘Menyapa’, digunakan sebagai bentuk dasar pada elemen dinding, lantai, ceiling, hingga funitur. Pada studio penerapan bentuk ini dapat dilihat di mural pada dinding, pola lantai dan material kabinet yang terletak di tengah studio. Untuk area galeri temporer dan permanen, penerapan ini terdapat pada pola lantai, bentuk ceiling, bentuk signage hingga dinding partisi. Skema warna netral yang memberikan kesan hangat seperti di pagi hari sekitar jam 7-9 juga diterapkan pada ketiga ruang khusus.