Karya: Vibi Kanya Wisakerti / 2001586836

Perancangan interior Wellness Center ini dilatarbelakangi oleh keadaan di masyarakat khususnya di kota-kota besar yang mempunyai gaya hidup fast paced atau gaya hidup serba cepat yang menyebabkan tingginya tingkat stres di masyarakat. Perancangan Wellness Center ini akan menyediakan fasilitas yang mendukung dan memadai dari segi elemen-elemen interior dan akan menyediakan wadah bagi masyarakat untuk mereduksi tingkat stress serta memperbaiki gaya hidup melalui berbagai aktivitas dan fasilitas pendukung suasana batin dengan suasana ruang yang kondusif. Aktivitas dan fasilitas yang tersedia di dalamnya bertujuan agar seseorang mampu mencapai keseimbangan dalam dirinya yang mencakup tiga bagian, yaitu fisik, mental dan spiritual.

Konsep yang ingin di capai adalah ruang yang memberikan suasana menenangkan, nyaman dan memberikan kesan lambat agar dapat bertolak belakang dengan gaya hidup fast paced life. Design Statement yang digunakan adalah “Seteduh Lingkar Cahaya” dimana konsep tersebut mengambil inspirasi dari “siklus bulan”, dimana siklus bulan secara universal dikenal sebagai symbol pertumbuhan dan pengembangan diri serta mempunyai hubungan dengan kesehatan mental dan juga kesehatan fisik.

Sebagai pengaplikasian konsep pada desain, sirkulasi berdasarkan zona dibuat satu jalur dan di setiap lantai terdapat resepsionis agar keprivasian pengguna bisa terjaga. Selain itu ambience pada setiap area dibuat tenang dan teduh agar dapat mereduksi tingkat stress serta kapasitas ruang yoga dan ruang meditasi dibuat tidak terlalu banyak agar kegiatan tetap berjalan kondusif dan dapat menambah konsentrasi. Yang terakhir, konsep-konsep sustainable diterapkan dari material-material yang digunakan seperti batu alam, kayu, concrete, rotan dan bambu. Secara tidak langsug material tersebut dapat membantu tercapainya ambience yang diinginkan karena warna-warna yang dihasilkan merupakan warna“earth tone”. Dengan konsep interior yang bisa memberikan suasana nyaman dan menenangkan, diharapkan Wellness Center ini bisa menjadi pilihan masyarakat untuk memperbaiki gaya hidup dan juga menghilangkan stress.