Karya: Sharon Kesya / 2001537304

Perancangan ini membahas mengenai pusat kreatif atau creative hub bagi pengguna generasi muda dan juga pengguna dengan disabilitas, yang biasanya dalam tahap pengembangan diri dan mencarihal-hal baru untuk belajar dan melatih diri. Creative hub sendiri merupakan wadah bagi orang-orang kreatif dalam berkarya, melakukan penelitian dan pengembangan serta belajar dan membuat prototype produk. Dan dalam perancangan ini, peran teknologi sangat penting untuk mendukung pengguna disabilitas dalam beraktivitas.

Latar belakang dari perancangan ini sendiri, yang pertama adalah karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki keberagaman budaya, seperti budaya gotong royong yang merupakan warisan budaya turun menurun dari setiap suku bangsa. Selain itu, masih banyak generasi muda yang belum dapat merealisasikan ide kreasi mereka akibat keterbatasan wadah dan fasilitas. Serta, hak pengguna disabilitas masih belum mendapat perhatian yang cukup dari pemerintah dan masyarakat.

Konsep ‘Satu Padu Nusantara’ berarti Persatuan Nusantara atau Nusantara Bersatu Benar-benar. Diambil dari kebiasaan gotong royong masyarakat Indonesia yang sudah ada sejak dulu yang menjadi warisan turun-temurun sebuah tradisi dengan nilai kebersamaan dan persatuan. Seperti juga 5 nilai Pancasila yang menjadi dasar ideologi Negara Indonesia, yang menyatukan seluruh rakyat Indonesia. Karena Indonesia sendiri dikenal dengan negara kepulauan yang memiliki keberagaman penduduk, budaya, suku kepercayaan, agama, bahasa, dll. Namun Indonesia tetap dapat bersatu padu dan bergotong royong membentuk Negara Indonesia seperti sekarang ini.