Karya: Ratna Hutami Bulan Adiyanti / 1801441480

Musik merupakan nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan. Gelombang suara dari musik tersebut merupakan gelombang longitudinal yang merambat melalui medium alat musik maupun pita suara manusia, yang kemudian menghantarkan bunyi ke telinga manusia. Gelombang longitudinal yang memanjang dapat menciptakan suara yang bernada lembut, atau yang disebut alunan suara.

Musik Indonesia menggunakan dua jenis tangga nada yang berbeda, yaitu pentatonis dan diatonis. Tangga nada pentatonis merupakan tangga nada musik khas Indonesia yang banyak digunakan pada alat-alat musik tradisional dan juga genre musik tradisional Indonesia. Penta berarti lima atau mengandung lima. Jadi, pentatonis berarti tangga nada musik dengan lima nada dasar.

Museum musik Nusantara Indonesia terdiri dari serangkaian ruangan-ruangan yang digunakan untuk berbagai kegiatan. Seperti halnya musik yang memiliki rangkaian nada yang terdengar berurutan serta berirama dan mengungkapkan suatu gagasan, atau yang disebut melodi.

Alunan, pentatonis, dan melodi saling berkaitan erat dengan kesenian musik. Oleh karena itu, perancangan interior museum musik Nusantara Indonesia ini didesain dengan konsep “alunan penta melodi”. Konsep tersebut terinspirasi dari gelombang suara dari alunan alat musik Indonesia yang bertangga nada pentatonis, dengan rangkaian nada yang terdengar berurutan dan berirama.