Karya: Giovanna Putri / 2001541365

Perkembangan dunia khususnya bidang baking dan pastry semakin lama semakin berkembang seiring perkembangan zaman, baik di Indonesia maupun mancanegara. Dunia baking dan pastry sangat menarik karena pada saat ini bukan hanya tentang cara pembuatannya saja melainkan karena adanya nilai seni yang terkandung di dalamnya.

Kreatifitas masyarakat akan bidang ini ditunjukkan dengan banyaknya rekor yang tercatat di Muri, berupa penciptaan kue terbesar hingga tertinggi yang merupakan ide kreatif dari para pecinta seni bidang ini. Juga dapat terlihat dari banyaknya toko, industri rumahan, media cetak maupun online yang menyajikan informasi mengenai bidang ini. Perkembangan yang pesat membuat minat masyarakat untuk menggali dan memperdalam pengetahuan akan bidang ini meningkat dan sarana edukatif pun menjadi salah satu pilihan pendidikan formal yang ada.

Konsep yang diterapkan pada perancangan ini yaitu “Binekarasa” yang terinspirasi dari kata “Kebinekaan” yang merupakan simbol dari kue nusantara Indonesia dan kata “Rasa” karena kue nusantara Indonesia memiliki rasa yang sangat khas. Citra ruang yang ingin ditampilkan yaitu interior ruang yang menyenangkan, mampu merangsang kreatifitas karena mayoritas pengguna fasilitas ini berada direntang usia remaja hingga dewasa, selain itu kesan bersih juga diterapkan untuk menampilkan sisi higienitas dari sebuah creative baking dan pastry education. Konsep diterapkan lewat penggunaan material, warna serta pola sirkulasi ruang.