Karya: Yulia / 2001535892

Faktor lingkungan yang dapat mendukung penyembuhan pasien adalah dengan menerapkan metode healing environment dalam mendesain hospice care. Kurangnya perkembangan dan keberadaan hospice care di Indonesia dapat menyebabkan menurunnya kualitas pada proses penyembuhan para pasien anak penderita kanker. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan desain hospice care yang sesuai untuk pasien anak penderita kanker yang diharapkan dapat menjadi sebuah inspirasi dalam merancang hospice care ke depannya.

‘Permata Husada Loka’ adalah tema yang diangkat dalam perancangan ini. Konsep desain ini menggunakan material yang aman dan ramah bagi anak-anak, dengan mengkombinasikan warna-warna alam (earth tone) dan warna-warna lembut (soft tone) yang menyimbolkan ketenangan dan karakter anak-anak, serta menerapkan bentuk bunga lavender sebagai elemen interior yang diharapkan mampu mempengaruhi penyembuhan pada pasien. Penerapaan konsep desain tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan aktivitas pasien, mendukung proses penyembuhan pasien, dan menciptakan suasana kreatif dan positif pada hospice care.

Hospice care ini dilengkapi dengan ruang terapi musik dan ruang terapi seni untuk memfasilitasi pasien agar dapat meringankan beban yang dirasakan akibat penyakit yang mereka derita, serta kamar pasien VIP sebagai tempat beristirahat dan privasi masing-masing pasien. Dengan adanya hospice care ini, diharapkan mampu menambah pengetahuan orangtua serta masyarakat tentang pentingnya keberadaan hospice care untuk para pasien anak penderita kanker dengan fasilitas yang dapat mengakomodasi kegiatan dan perkembangan anak.