9 Square Matrix merupakan salah satu tugas  dalam  mata kuliah Sense of Design pada jurusan Desain Interior BINUS University. Menggunakan bentuk dasar geometrik dan organik, mahasiswa semester 1 ini  diharapkan dapat membuat kombinasi bentuk yang merupakan elemen dasar pembentuk ruang interior yaitu lantai, dinding, dan plafon.

Ditengah pandemi covid-19 saat ini tidak mengurangi semangat mahasiswa untuk terus berkreasi menghasilkan karyanya walau dirumah saja. Kegiatan belajar mengajar menggunakan sistem online tetap terasa menyenangkan karena mahasiswa tetap aktif untuk bertukar pikiran dan ide dalam pengolahan 9 pola dasar. Mahasiswa belajar untuk mengolah pola dan memberikan alternatif ide karyanya sebelum menjadi hasil akhir yang menarik. Berbagai percobaan dalam mengolah material kertas untuk dijadikan bentukan yang menyerupai lantai, dinding dan atap.

Proses asistensi bentuk melalui online learning system

Karya yang dihasilkan berupa 9 pola dasar  dari mulai bentuk sederhana sampai bentukan yang paling rumit. Mahasiswa belajar untuk mengolah bentuk 3 dimensi secara manual menggunakan media kertas birmet dengan ukuran tiap pola 10 x 10 cm dan maksimal tinggi 20 cm. Berikut adalah karya terbaik dari kelas LA, LB dan LC