Meciptakan suasana dalam tiga dimensi memalui musik merupakan tujuan utama dalam karya ini.  Ambience box merupakan salah satu tugas dari mata kuliah Sense of Design di Jurusan Desain Interior Binus University ini  memperkenalkan mahasiswa untuk memahami komposisi dalam bentuk tiga dimensi yang bermanfaat dalam penerapan pada desain ruang.

Kreatifitas, inovasi dan eksplorasi ide,  konsep,  komposisi, material, dan warna, menyatu dalam sebuah Ambience Box. Mahasiswa belajar berproses dalam mendesain, memahami suatu suasana untuk menuangkan ide menjadi bentuk karya dengan menerapkan komponen-komponen dalam interior yaitu Komponen floor, wall and ceiling agar tercipta suatu suasana tiga dimensi.

Ambience Box dengan tema musik klasik

Ambience Box dengan tema musik country

Ketiga komponen tersebut diolah sesuai dengan konsep yang ditetapkan. Mahasiswa bisa melakukan eksplorasi baik dari warna, material, dan tehnik pembuatan untuk membuat hasil yang maksimal. Karya ini menerapkan prinsip enam pola komposisi dasar yaitu pengulangan, gradasi, kontras, pancaran dan anomali.

Terus bereksplorasi dan mencari ide baru merupakan peran serta Pengajar untuk mengarahkan Mahasiswa untuk dapat menggali dan mengelola ide menjadi karya yang baik. Proses desain diawali dengan mendengarkan musik, menentukan konsep, lalu mahasiswa perlu membuat sketsa dan mood board agar karya yang dihasilkan dapat berkembang dengan maksimal sesuai konsep awal.

Ambience Box dengan tema musik dangdut

Ambience Box dengan tema musik Jazz

Musik yang diberikan memiliki aliran yang beragam, seperti Jazz, Classic, Dangdut, Pop, RnB, Country, serta Kids song. Masing-masing aliran memiliki latar belakang yang berbeda, Karakteristik musik tidak lepas dari unsur musik, Yang termasuk dalam unsur musik yaitu ritme, melodi, harmoni dan ekspresi. Musik merupakan ungkapan perasaan atau penjiwaan. Dengan memahami empat unsur musik tersebut mahasiswa berusaha menerjemahkan dalam bentuk komposisi karya ini.

Dalam Jurusan Desain Interior, pembelajaran penting yang bisa diambil dalam Ambience Box, agar melatih Mahasiswa dalam mengolah ide berupa gagasan menjadi sebuah karya yang meciptakan suasana secara tiga dimensi yang kelak akan diimplementasikan dalam suatu perancangan ruang yang baik.

Ambience Box dengan tema musik RnB

Ambience Box dengan tema musik Rock