Karya:
Alifia Bismika Athiq – 2440034252
Bidadari Cahaya M – 2440079181
Chessia Septania – 2440024264
Usamah Abdurrohman – 2440098741

Karya biomimicry “The Little Beauty On The Ocean”  ini terinspirasidari Venus Flower Basket. Venus Flower Basket merupakan spesies yang berjenis spons kaca di filum porifera yang membangun kerangka dari silika. Spesies ini melangsungkan hidupnya dengan menyaring air laut untuk menangkap plankton. Venus Flower Basket banyak ditemukan di Samudera Pasifik bagian Barat dan Samudera Hindia.  Detail yang terdapat pada Venus Flower berupa rongga-rongga yang tersusun seperti keranjang dan di dalamnya menjadi tempat berlindung bagi hewan sejenis udang. Dari detail berongga-rongga tersebut kami terinspirasi untuk membuat karya ini. Namun, kami mengubah bentuknya menjadi sebuah susunan berlayer-layer yang semakin ke belakang semakin tinggi agar tidak sama dengan bentuk aslinya.

Karya kami ini menggunakan material berupa kain perca yang berwarna putih, kawat, koran, kayu, dan infraboard. Kain perca digunakan sebagai Venus Flower yang dibolong-bolongin didalamnya, kawat sebagai penyangga agar kainnya dapat berdiri dengan sempurna kemudian dibuat meliuk-liuk agat terkesan lebih bervolume, sedangkan koran, kayu, dan infraboard digunakan sebagai alas yang menggambarkan dasar dari Venus Flower tersebut. Untuk pewarnaan, kami menggunakan warnaearth tone dengan penggabungan 2 warna, yaitu cokelat dan hijau yang diwarnai di daerah dasar karya kami. Untuk proporsi karya setiap anggota kami sepakat menggunakan 3 layer dengan ukuran tinggi yang berbeda-beda.

Dalam pembuatannya kami semua memilih material yang ramah lingkungan dan bekas. Kami memilih menggunakan bubur koran karena bubur koran menggunakan kertas yang banyak sehingga koran-koran yang banyak menumpuk dirumah dapat diubah menjadi suatu karya seni yang memiliki nilai guna. Kain perca diambil dari bekas seragam SMA yang sudah tidak terpakai dan dipotong jahitannya dan logo sekolahnya agar polos dan bisa digunakan dan diubah menjadi suatu karya.