Karya:
Vania Elvaretta – 2401960971
Cylia Larenggam – 2440014862
Joshua Santosa – 2440010984
Jean Michelle – 2440016842
Sharyn Averina – 2440008771

Dalam projek Biomimicry kali ini kami ingin menyajikan sebuah karya yang berfokus pada “Paru-Paru” sebagai organ vital yang berperan penting dalam tubuh manusia. Menurut data yang disajikan oleh World Health Organization (WHO), menyatakan bahwa penyakit kanker paru-paru merupakan penyakit dengan kasus kematian tertinggi dengan jumlah 1,4 Juta korban jiwa setiap tahunnya. Maka dari itu untuk memperingati hari kanker paru-paru sedunia pada tanggal 1 Agustus, kami ingin menyajikan sebuah karya seni yang dapat menyadarkan sekaligus mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan paru-paru.

Menggunakan konsep yin and yang, kami ingin meperlihatkan sisi baik (kiri) yang melambangkan kesehatan, keindahan, kerapihan, dan kebersihan; sedangkan sisi buruk (kanan) melambangkan kesakitan, kehancuran, dan ketidaksempurnaan. Selain yin and yang, kami juga menggunakan konsep pada materi yang pernah dipelajari sebelumnya, yaitu kontras pada “Nirmana”. Kami mempertajam perbedaan tiap sisi dengan pemilihan warnanya. Untuk sisi baik, kami menggunakan warna yang terkesan hidup, cerah, dan ceria seperti putih, hijau, kuning, dan oranye. Untuk sisi buruk, kami menggunakan warna yang terkesan suram, tidak indah, dan gelap seperti merah tua, hitam, abu-abu, dan coklat.

Selain warna, pemilihan material untuk tiap sisi kami pilih berdasarkan tesktur. Untuk sisi baik kami menggunakan sedotan warna-warni, kapas, kertas bekas fotokopi, cangkang telur dan bantuan cat. Untuk sisi buruk kami menggunakan kawat, kayu yang dibakar, kardus, pecahan CD, bublewrap, cangkang telur, dan bantuan cat.

“Our lungs reflect what we breathe in, what we consume is what we will endure. We need to protect so our lungs stay healthy” – Mirrorless Lungs Group LB24