ID 2 Retail Design: Back to Renaissance
Karya: Raissa/2301898664
BETTERCHOCOLATE THANNEVER merupakan sebuah toko kue yang menjual berbagai macam kue berbahan dasar dark chocolate. Lokasi berada di pacific place tepatnya di lantai 2 dan toko ini seluas 257m2. Konsep yang diusungkan adalah “Back to renaissance”. Latar belakang dari konsep ini adalah saya menggambarkan kemewahan rasa dark chocolate dapat digambarkan ke dalam bangunan – bangunan klasik yang elegan dan terlihat penuh dengan kemewahan. Era renaissance dipilih menjadi konsep karena pada masa ini semua penuh dengan kemewahan. Tema renaissance ini akan dibalut dengan suasana saat ini yang modern. Arti dari renaissance adalah “kelahiran kembali atau kebangkitan kembali”sehingga setiap elemen dari dark chocolate saat disantap dapat membawa pikiran dan perasaan kita ke dalam dunia yang berbeda yang dapat membuat setiap orang yang memakannya dapat menjadi lebih bahagia atau menjadi “moodbooster”. Perasaan bahagia ini akan saya bawa ke dalam konsep “Back to renaissance” pada design tokonya.
Warna- warna yang dipakai adalah warna natural yang pada saat era renaissance warna- warna inilah yang dipakai. Serta saya menambahkan sentuhan- sentuhan gold sehingga lebih menampilkan kesan mewah. Untuk material lantai saya memakai mosaic di area pintu masuk, lantai mosaic ini saya buat membentuk logo dari BETTERCHOCOLATE THANNEVER sendiri, karena jika pengunjung masuk mereka sudah merasa “disambut”. Untuk area dine in saya memakai lantai parket kayu untuk kesan natural, lalu pada display area saya memakai checkerboard tiles dengan corak hitam putih, yang memang pada era renaissance checkerboard telah menjadi trend. Saya membuat display area ini sebagai focus utama pada toko ini karena memang yang dijual adalah kue- kue yang tersusun rapih di display. Pada sitting area terdapat sofa area yang berbentuk semi dome, private sofa area yang disekitarnya terdapat kisi- kisi, 2 seater area, dan 4 seater area.