Karya: Ruth Priscilla/2301862286

Sensatia Botanicals merupakan brand kecantikan asal Bali yang didirikan oleh Robert Lorent Jr. pada tahun 2020. Sensatia Botanicals menghadirkan beragam produk yang dibuat menggunakan bahan-bahan alami yang secara khusus diformulasikan untuk memberikan perawatan pada setiap tipe kulit. Pada kesempatan ini, saya membuat perancangan interior dengan mengangkat toko sensatia botanicals dengan konsep hutan bambu.

Bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat di dunia karena memiliki sistem rhizoma-dependen unik yang dapat tumbuh lebih dari 60 cm. Sering kali, bambu digunakan sebagai bahan baku industry kriya seperti menentun kain, membuat kertas serta dapat dijadikan sebagai dekorasi ruangan.

Sesuai dengan konsep yang telah saya pilih, saya menggunakan bambu, kayu, batu alam, vinyl dan kayu sonokeling untuk memberi kesan alami serta menggunakan warna coklat agar terasa lebih klasik dan sederhana. Pada area depan toko, saya menggunakan material batu alam dan kayu serta diikuti dengan kisi-kisi bambu pada area dinding toko. Untuk area ceiling, saya menggunakan aksen partisi bambu agar pencahayaan toko lebih terang dan memberikan kesan estetika. Saya juga membuat area treatment dimana saya menggunakan warna putih, krem dan gold pada dindingnya agar memberi kesan mewah dan elegan. Saya menggunakan warna-warna tersebut agar para pengunjung toko sensatia botanicals dapat menikmati treatment yang sedang dilakukannya.

Untuk bagian lantai, saya menggunakan konsep split level dengan menggunakan material batu alam dan kayu sonokeling yang dimana merupakan salah satu jenis kayu yang berasal dari Indonesia. Pada kesempatan ini, saya menggunakan 2 material kayu yang berbeda untuk membedakan area display dengan area tunggu. Saya juga menggunakan material tegel yang di kustom pada area kasir. Dan untuk area dinding, saya menggunakan kisi-kisi bambu agar konsep dari hutan bambu dapat dirasakan oleh para pengunjung toko sensatia botanicals.