ID 2 Retail Design: Post-Urban Era
Karya: Michael Immanuel Tio/2301889666
Brand Retail yang saya pilih untuk projek retail ini adalah Urban Republic yang merupakan brand retail yang bergerak dalam bidang teknologi. Brand ini memiliki konsep keseluruhan yang modern dan urban. Maka dari itu, untuk konsep yang akan saya bawakan pada karya ini adalah “Post-Urban Era” yang berarti Era Pasca Urban, yaitu era yang modern dan futuristik. Konsep keseluruhan warna yang saya bawakan tidak jauh dari warna khas dari brand ini, yaitu Hitam, Abu, Putih dan sedikit warna tambahan sebagai aksen, yaitu warna Merah agar tidak monoton. Konsep bentuk yang saya bawakan dominan dengan bentuk geometris karena dapat mendukung kesan modern yang ingin ditonjolkan. Pada rancangan ini, banyak sekali fasilitas yang dapat mendukung user experience bagi pengunjung, seperti user interactive wall, dimana pengunjung dapat mencoba teknologi terkini, lalu ada drone chamber untuk mencoba produk-produk drone yang disediakan, dan ada gaming lounge, dimana pengunjung dapat mencoba game console yang dijual di Urban Republic.
Rancangan ini terbagi menjadi beberapa area dengan area terbesar yaitu area display dan shopping, disusul oleh area lounge yang terdiri dari gaming lounge, interactive area, dan main lounge area, setelah itu ada area customer service, area drone chamber dan area storage. Penggunaan material pada rancangan ini juga mendukung kesan modern dan futuristik, seperti akrilik, concrete, terazzo, aluminium, carpet, dan kayu. Keseluruhan dari rancangan ini dibuat semenarik mungkin dengan tema modern, futuristik, urban dan dipadu dengan bentuk geometris, agar dapat memanjakan mata dan menarik perhatian pengunjung.