Karya: Michelle Agung Indrajaya Senadjaja/2301887641

Kopi Soe merupakan salah satu brand Coffee Shop lokal yang cukup terkenal di Indonesia. Nama Kopi Soe ini diambil dari bahasa Jawa Kuno yang memiliki makna, Soe yang artinya besar atau bagus. Mereka terkenal dengan minuman khas nya yaitu Roegal yang merupakan minuman kopi, coklat, atau susu yang dicampur dengan sirup rum dan ditambahkan Marie Regal. Brand ini memiliki ciri khas dari logo nya yang berlatar belakang orange dengan tulisan Kopi Soe huruf sambung. Target konsumen dari Kopi Soe sendiri untuk seluruh kalangan, terlebih untuk anak muda.

Konsep yang saya ambil untuk desain retail coffee shop ini berjudul The Greatness of Java. Saya mengambil lokal konten Jawa yang dipadukan dengan gaya modern. Inspirasi saya berasal dari nama brand ini serta target konsumen mereka. Beberapa kekhasan Jawa yang saya ambil seperti penggunaan anyaman rotan, motif Batik Kawung, motif Gunungan, penggunaan batu bata merah ekspos, serta penggunaan material kayu yang cenderung berwarna coklat orange atau coklat gelap.

Saya juga terinspirasi dari banyaknya pegunungan di Jawa (sebagian besar daerah Jawa masih memiliki banyak gunung dan pegunungan) yang berundak-undak untuk diterapkan pada penaikan lantai yang bentuknya melekuk-lekuk di area dining. Kemudian saya juga terinpirasi dari bentuk Aksara Jawa yang banyak menggunakan bentuk Roman Arch. Bentuk ini saya terapkan pada bentuk table divider di meja counter atau meja kasir. Selain itu saya juga mengambil bentuk blangkon sebagai kap lampu gantung.