DI 2 Retail Design: Warm & Cozy House

Karya: Muhammad Ramadhansyah Surya Lesmana/2301956241

Micky Mocko merupakan brand lokal yang didirikan pada tahun 2009. Bisnis ini didirikan atas keinginan owner yang membuat toko yang menjual peralatan dan perlengkapan merajut. Karena jarang sekali ditemukan toko yang lengkap menjual peralatan merajut di Indonesia.

Konsep perancangan yang saya gunakan pada retail ini adalah Warm & Cozy House. Pemilihan konsep ini terinspirasi dari tema toko ini sendiri yaitu merajut. Karena merajut identik dengan kehangatan, kelembutan, dan kreativitas dari penggunanya yang bermanfaat untuk menenangkan pikiran dan juga meningkatkan sensor motorik. Sehingga dengan menggunakan konsep ini, membuat para pengunjung yang masuk ke dalam toko ini mendapatkan ambience seperti di dalam rumah yang hangat dan nyaman.

Material yang digunakan merupakan material yang berbahan dasar alami karena bertujuan untuk memberikan kesan natural dan hangat pada ruangan seperti vinyl untuk bagian flooring, dinding panel yang berbahan dasar kayu jati, bamboo untuk bagian meja kasir, dinding partisi rotan, down ceiling rotan, kap lampu rotan dan juga furniture lainnya yang berbahan dasar kayu dan juga rotan. Pemilihan material tersebut juga dipilih yang dapat mudah dibersihkan agar dapat memudahkan dalam perawatannya.

Pada bagian display menggunakan rak-rak yang berbahan dasar alami seperti kayu. Lalu untuk warna memakai warna-warna alami dipadu padankan dengan warna pastel serta warna putih sebagai warna penyeimbang.

 

Muhammad Ramadhansyah Surya Lesmana
  1. 👏🏻👏🏻👏🏻👏🏻👏🏻👏🏻👏🏻