Pameran Karya Mahasiswa Furniture Design II-Retail

Pada mata kuliah Furniture Design II ini, mahasiswa Interior Binus Jakarta diperkenalkan untuk merancang furnitur built-in yang diterapkan pada interior retail.

 

Proses pembelajaran jarak jauh di masa pandemi ini membuat mahasiswa desain harus berpikir untuk bisa menyampaikan gagasan secara visual (baik foto atau video) yang menarik dan dipahami oleh penyimak.

 

Kasus perancangan desain furnitur pada interior retail menjadi topik yang menantang bagi mahasiswa, karena terdapat berbagai kebutuhan. Perancangan ini harus melihat keterkaitan antara aktivitas dan fasilitas dari penguna retail, ukuran ergonomi, nilai estetika, serta identitas brand retail dari kasus terpilih.

 

Membuat konsep perancangan furnitur retail harus memperhatikan kaidah-kaidah di atas sehingga karya yang dihasilkan berupa desain furnitur yang secara fungsi dan ergonomi mampu memenuhi kebutuhan pengguna, menampilakan karakter brand dari retail, namun secara visual juga mampu menarik perhatian pengunjung.

 

Penerapan studi kasus dipilih dengan membuat cashier table sebagai identitas dari sebuah retail. Proses pengembangan studi furnitur untuk cashier table dimulai dari tahapan define, ideation, hingga membuat mock-up skala 1:5. Studi tersebut kemudian dibuat presentasi dan gambar kerja yang menjelaskan hasil perancangan desain furnitur retail berupa cashier table.

 

Selamat berpameran dan menikmati Pameran Merajut Karya!

 

Ade Fajarwati