Product Knowledge Series #1: Sustainable Interior Material bersama ROA Handwoven

Dalam industri desain interior tentunya tidak jauh dari kata material, dari lantai, dinding, ceiling, hingga furniture semua menggunakan material. Namun bagaimana kalau material yang digunakan merupakan sustainable material? Apa yang dimaksud dari sustainable material itu? Mari kita pelajari apa yang dimaksud dan yang bagaimana material tersebut agar disebut sustainable material.

Pada kesempatan kali ini mahasiswa desain interior dan dosen bersama-sama menyimak pemaparan narasumber Bapak M. Taufaniari selaku designer ROA handwoven dan dipandu oleh moderator Kak Siti Chadijah selaku Lecturer Desain Interior dalam webinar Product Knowledge Series #1 “Sustainable Interior Material”.

Dalam webinar ini Bapak Taufan memaparkan material interior bukan hanya didapatkan dari produsen material tetapi juga bisa dari produsen kerajinan tangan juga dapat digunakan sebagai material interior. Bapak Taufan juga menceritakan karena melihat UMKM kerajinan ini menawarkan adanya custom design, menginspirasi Bapak Taufan dalam menciptakan satu produk panel kaca yang didalamnya terdapat tenunan, sehingga dari custom design ini menciptakan signature style tersendiri.

Dari custom design ini juga Bapak Taufan menjelaskan bagaimana mengeksplorasi material menggunakan material sustainable. Maka dari itu ROA terinspirasi untuk menciptakan satu produk wall covering dengan menggunakan koran yang ditenun sehingga menciptakan wall covering yang cantik dan sangat menarik.

Dalam kesempatan ini juga Bapak Taufan menjelaskan apa dan bagaimana sustainable itu. Beliau juga berpesan bahwa peran para desainer itu BESAR baik dalam perancangan, gerakan maupun gaya hidup sustainable. Sesi ditutup dengan konklusi.

 

Triutama Tanuwijaya