Product Knowledge Series #2: Whitewash The Technique of Wood Finishes bersama Cat Kayu Propan

Jurusan Desain Interior BINUS University kembali mengadakan webinar Green Design seri ke-2 dengan tema “Whitewash The Technique of Wood Finishes” dengan narasumber Pak Suharsono Legowo selaku Wood Care Product Manager Propan. Propan yang diketahui memiliki banyak ragam cat dan finishing, kembali diundang untuk memaparkan webinar pada kesempatan kali ini.

Apabila sebelumnya Propan membawakan webinar tentang produk dan teknik pengecatan sebagai tahapan finishing permukaan kayu pada umumnya, pada webinar kali ini akan mendalami teknik finishing whitewash. Dimulai dengan perkenalan whitewash yang sering dikaitkan dengan Shabby Chic style, teknik ini juga dapat digunakan sebagai variasi gaya dekorasi, dengan mencerahkan warna kayu dan membiarkan serat kayu terlihat akan menambah kesan rustic dan tekstur yang menarik. Dengan teknik whitewash juga menciptakan berbagai macam gaya interior.

Selanjutnya dijelaskan teknik-teknik untuk efek whitewash yaitu dengan cat dan air, cat dan lilin, serta cat dan dikerok. Tiga teknik tersebut merupakan cara termudah untuk ditiru. Pak Suharsono kemudian membagikan hasil eksperimen dari cat Propan untuk menghasilkan efek whitewash. Dari eksperimen yang telah dilakukan, diberikan saran produk-produk untuk menghasilkan efek whitewash. Tidak hanya itu, Propan juga memberikan poin-poin penting dalam pengaplikasian, karena akan menghasilkan hasil yang berbeda sesuai dengan jenis kayu yang dipakai. Sesi diakhiri dengan konklusi dan foto bersama.

Triutama Tanuwijaya