Idul fitri atau lebaran di Indonesia adalah hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal pada penanggalan Hijriah. Idul fitri ini adalah perayaan sehabis puasa yang di mana sebagian besar masyarakat pulang kampung (mudik) untuk merayakannya bersama keluarga. Selama perayaan, banyak persiapan yang harus dilakukan dimana persiapan tersebut mulai dari dekorasi rumah, makanan yang disajikan, hingga acara apa saja yang akan dilakukan. Hidangan yang paling populer dalam perayaan Idul fitri di Indonesia adalah ketupat, yang memang sangat akrab di Indonesia, dan Malaysia. Dekorasi rumah untuk Idul Fitri, kita sebagai tuan rumah tentu berharap bisa membuat semua keluarga besar yang datang merasa betah berada di rumah kita. Dekorasi rumah menjadi kunci penting untuk bisa mewujudkan harapan itu. Dekorasi yang tepat akan menciptakan rasa nyaman sehingga semua orang betah tinggal berlama-lama. Berikut ini adalah beberapa contoh tata saji atau dekorasi sederhana untuk rumah tinggal menjelang pelaksanaan perayaan idul fitri :

Menggunakan Pernak-Pernik Timur Tengah

Agar nuansa idul fitri semakin terasa, kita bisa menggunakan pernak – pernik timur tengah seperti :

  • Karpet Khas Maroko. Karpet ini dapat digunakan untuk menghias ruang tamu rumah dan menjadikan focal point dari ruang tamu. Karpet ini memiliki corak  berbentuk Abstrak atau Geometris khas timur tengah . Warna dan corak yang menarik dan menawan juga membuat ruang tamu terkesan hidup dan hangat.

  • Kaligrafi. Kaligrafi merupakan salah satu dari ragam hiasan dinding yang berdasar pada tulisan arab dan cukup dihormati di antara seni rupa islam yang lain. Ide hiasan seperti ini juga dianggap sebagai salah satu media kreatif dalam melestarikan eksistensi ayat Al-Qur’an. Kita bisa memilih jenis kaligrafi yang cocok dengan tipe rumah mulai dari pemilihan warna, jenis, ukuran dan arti dari kaligrafi tersebut. Jenis dekorasi kaligrafi yang bisa kita gunakan seperti lukisan dinding, sticker dinding, dsb.

  • Bantal Hias Corak Gaya Timur Tengah. Pada bagian ruang tamu, jangan lupa untuk menggunakan bantal hias dengan motif khas Timur Tengah, jangan ragu untuk memilih warna-warna cerah untuk menghadirkan suasana Ramadhan yang ceria di tengah keluarga.

Hampers dan Toples Kue Kering

Tata hampers di meja sudut atau tempatkan di lemari kaca agar para tamu bisa memanjakan matanya. Selain itu, Anda juga bisa memberi sentuhan berbeda dengan menggunakan kue kering. Jangan biarkan toples kue kering tampil berjajar biasa saja di meja. Gunakan mason jar beragam bentuk dan ukuran untuk kue kering Anda, tata di tengah lalu ikat sekelilingnya dengan pita satin. Sesuaikan warna pita dengan warna ruangan dan dekorasi, lalu letakkan di tengah meja sebagai centerpiece.

Jika kita tidak ingin menggunakan pita kita bisa menggunakan rak hias khusus toples lebaran yang memiliki warna gold, hitam,putih,dsb yang cocok dengan tema ruangan anda.

 

Bunga Segar Dan Kain/Taplak Meja Unik

Meja makan adalah salah satu focal point saat di rumah saat hari raya. Kita bisa hunting inspirasi dekorasi meja dari internet, mulai dari gaya rustic yang alami, gaya timur tengah, mod

ern arabic dan simpel, vintage yang klasik, tradisional etnik, modern minimalis, dan sebagainya. Selain itu, salah satu cara paling mudah ‘menyulap’ meja makan adalah dengan meletakkan pot tanaman atau rangkaian bunga agar suasana berkumpul jadi segar. Kita juga bisa memanfaatkan penggunaan taplak meja atau table runner bermotif unik atau warna yang cerah seperti khas Islamic yaitu hijau atau putih. Namun jika memilih kain bermotif ramai, kita juga harus perhatikan peranti makan dan penataan keseluruhan meja tetap simpel agar meja tak terkesan penuh.

Piring Cantik Untuk Dekorasi Meja Makan

 

  • Di momen Idul Fitri,  gunakan piring-piring cantik untuk menata makanan di meja makan. Ada berbagai macam piring dengan motif yang lucu untuk ditaruh di meja makan. Selain itu, peralatan lainnya seperti gelas dan teko khas timur tengah juga akan semakin mempercantik hidangan di lebaran ini.

 

 

Balon Yang Nyentrik

Buat yang banyak anak-anak di rumah hiasan balon seperti ini wajib di pasang. Pilihlah warna-warna yang nyentrik agar suasana semakin meriah. Selain bisa mempercantik ruangan, kalau sudah bosan maka balon-balon ini bisa kamu pakai bermain bersama.

Hiasan Ucapan Selamat Lebaran di Pintu

Selain bagian dalam rumah kita juga harus menghias bagian pintu depan rumah kamu. Salah satu cara yang bisa ditiru adalah dengan memasang hiasan bertuliskan selamat lebaran dengan berbagai motif yang bisa kita DIY atau beli yang sudah ada di market place.

 

Sumber:

  • https://www.suara.com/bisnis/2016/06/27/162056/delapan-ide-mendekorasi-rumah-untuk-idul-fitri
  • https://epaper.mediaindonesia.com/detail/dekor-rumah-cantik-sambut-lebaran
  • https://www.tokopedia.com/blog/kreasi-dekorasi-lebaran
  • https://id.wikipedia.org/wiki/
  • https://i.pinimg.com/originals/b5/fb/04/b5fb04780c54433f2724898a95faeed6.jpg
  • https://www.iderumahidaman.co/wp-content/uploads/2020/03/contoh-kaligrafi-dinding-rumah.jpg
  • Tips Menambahkan Hiasan Dinding Kaligrafi Untuk Hidupkan NuansaRamadhan (diminimalis.com)
  • https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fshopee.co.id%2FBantal-Sofa-Motif-Maroko-40×40-cm-Timur-Tengah-Arabik-Marocco-Tile-Turkish-Turki-i.7311244.8119007170&psig=AOvVaw0-rcn4JDAzlevIfqbB2ZhM&ust=1620315580253000&source=images&cd=vfe&ved=0CAIQjRxqFwoTCJCFk4LwsvACFQAAAAAdAAAAABAD
  • https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fsentrabunga.com%2Felegant-gourmet-hampers&psig=AOvVaw2aQG0uwj27oUAd4i20QoFx&ust=1620316031808000&source=images&cd=vfe&ved=0CAIQjRxqFwoTCOiKv9fxsvACFQAAAAAdAAAAABAK
  • https://images.app.goo.gl/XRtdK28XsprvAqJ58
  • https://images.app.goo.gl/FimSR43787Xaz58C8
  • 20 Kreasi Dekorasi Lebaran, Menghias Interior Rumah untuk Hari Kemenangan – Artikel SpaceStock
  • https://images.app.goo.gl/d5xN2vNdN9kzjjxU8