Hari Raya Idul Fitri rasanya tidak lengkap dengan adanya makan keluarga. Acara ini dapat dibuat lebih meriah dengan tata saji atau dekorasi yang pada meja makan. Misalnya ruangan ditata dengan perpaduan gaya Jepang – Skandinavia yang terang serta bersih, atau digelar sebagai garden party bertema tropical modern di halaman belakang sehingga menciptakan nuansa kontemporer. Tata saji dengan perangkat dari kayu serta sentuhan warna putih yang mencerminkan kesucian Idul Fitri, dengan tatanan bunga untuk mempercantik.

Lalu bisa menata meja dengan gaya Turki, tata meja yang praktis tetapi tetap berkesan Turki, yaitu :

  • Bila permukaan meja makan cukup bersih, tak perlu menggunakan taplak meja.
  • Menggunakan placemat yang warnanya senada dengan meja makan untuk menjadi alas piring-piring saji, sehingga mendapatkan tampilan yang lebih semarak.
  • Padankan piring-piring keramik dengan perabot kayu dan logam untuk mewadahi sajian. Nampan logam dengan aksen keramik bisa menjadi tempat yang cantik.
  • Menambahkan rangkaian bunga yang sederhana, seperti setangkai gerbera di dalam vas kaca mungil.

Selanjutnya salah satu corak populer di saat Idul Fitri adalah motif Maroko. Penggunaan pola geometris dengan ukiran bunga dan aneka ragam warna ini dijamin membuat suasana lebih ramai dan seru. Motif ini mudah dicari dalam berbagai alat makan dan alas meja. Padukan dengan hiasan meja makan berbentuk bulan dan bintang untuk mengentalkan kesan lebaran.

Dekor juga dapat dengan dekorasi sederhana seperti menempelkan hiasan bertema Idul Fitri seperti ornamen ketupat ataupun banner flag dengan kumpulan huruf membentuk kalimat “Selamat Idul Fitri”, ruangan di rumah menjadi semakin meriah tanpa perlu khawatir terlihat terlalu berlebihan. Dekorasi seperti ini sangat praktis karena mudah dipasang dan dilepas saat acara sudah selesai.

Menggunakan lampu hias yang cantik. Lentera Ramadhan alias Fanoos Ramadhan berasal dari Mesir. Kabarnya, orang Mesir memegang lentera ini untuk merayakan kedatangan Khalifah Al-Muizz Li Deenillah sepanjang bulan Ramadhan. Lentera Ramadhan ini cocok dijadikan dekorasi rumah dan penerang ruangan. Letakkan lampu di tangga, di atas meja, atau digantungkan di langit-langit atap untuk memperkuat nuansa Ramadhan.

Sumber :