ID 1 Residential Design: Industrial Minimalist

Karya: Marvin Luckianto/2440058971

Industrial minimalist merupakan suatu konsep desain yang mempunyai ciri khas menggunakan material yang sengaja dibiarkan mentah atau di ekspos dalam kondisi belum finish seperti exposed cement, selain itu menggunakan kayu Elm Wood yang finishingnya dibiarkan natural agar lebih terlihat terlihat alami dan menyatu, serta memperlihatkan konsep dari industialnya sendiri.

Konsep ini terinspirasi dari rumah mewah bergaya industrial dari film berjudul “Parasite”. Konsep ini menciptakan kesan ruangan yang luas dan nyaman bagi penggunanya, selain itu penggunaan warna dalam konsep desain ini menggunakan skema warna yang lebih ke earth tone karena mengambil konsep industrial yang bersifat mengekspos warna material asli, dan warna yang material yang akan diekpos kebanyakan adalah dari warna semen yang di polish, sehingga lebih memfokuskan dalam palette shades of grey ditambah dengan warna sekuder dari warna elm wood dan terakhir menggunakan aksen warna hitam sebagai pemanis dan penyeimbang warna-warna yang ada agar terlihat lebih natural dan netral sesuai dengan konsep desain.

Rumah dengan konsep Industrial Minimalist ini juga banyak digunakan furniture yang di customized dengan bentuk yang minimalis dan tidak bertele-tele dengan tujuan keseimbangan dan estetika yang tercipta dari furniture dengan ambience ruangannya tersendiri. Penggunaan Bahan dasar concrete dan kayu yang dijadikan bahan utama yaitu Elm Wood agar sesuai dengan konsep desain yang telah ditentukan, dan juga ditujukan agar perpaduan nya harmonis dan tidak terlalu beragam.

Marvin Luckianto