ID 3 Office Design: Longlasting Eco Forest

Karya: Aurelia Uisteanta Charlaxenia/2301853911

Longlasting Eco Forest merupakan suatu gagasan yang terinspirasi dari kepulauan Indonesia yang masih asri yang ditumbuhi oleh berbagai tumbuhan. Berangkat dari perusahaan Tokopedia yang mengusung konsep alam dengan warna-warna dari logo dan tulisannya. Dibungkus dengan konsep sustainable dengan penggunaan beberapa material yang ramah lingkungan. Misalnya dalam penggunaan flooring linoleum, rotan, kayu, serta penempatan tanaman di beberapa ruangan. Tidak hanya sustainable, tetapi konsep kali ini membawa kita ke alam yang menenangkan. Di mana kita dapat merasakan nuansa warna hijau dan putih serta kesan luas karena beberapa penempatan cermin di berbagai sudut dan ruangan. Hijau bukan hanya dilambangkan sebagai kesan alam semata, tetapi banyak warna hijau digunakan karena coorporate color dari Tokopedia itu sendiri yaitu hijau.

Karakteristik bentuk dari Longlasting Eco Forest yaitu berbagai custom furniturenya  dibuat dengah bentuk organik yang meminimalisir bentuk geometris. Pemilihan bentuk organik pada lobby, working space, napping room, dan celebration area menimbulkan kesan luwes dan tidak kaku. Sedangkan untuk ruang eksekutif, dibuat sedikit bentuk organik dikarenakan ruangan tersebut memiliki makna yang tegas dengan penggunaan furniture geometris.

Selain itu, pada kantor Tokopedia ini memiliki beberapa level lantai. Ada beberapa area yang memiliki level lantai, yaitu area lobby, napping room, dan CEO room. Leveling lantai ini memiliki makna Tokopedia yang semakin hari semakin meningkat dalam kinerja pekerjaannya. Tidak hanya itu, level lantai ini juga sebagai pembeda atau batas pada suatu area tertentu dan sebagai makna kepulauan yang termasuk dari konsep. Sehingga dibuat bertingkat yang tidak  tinggi. Maka dari itu, Longlasting Eco Forest cenderung memiliki tingkatan dan memiliki warna hijau pada banyak area kantor Tokopedia.

Aurelia Uisteanta Charlaxenia