Karya: Wanda Wijaya/2301869475

Shopee merupakan e-commerce online shopping yang artinya adalah sangat cepat berkembang terutama pada era digital ini. Melalui studi bentuk dari logo Shopee sendiri, bentuk yang dihasilkan adalah bentuk yang simple, lengkungan minim, seimbang dan simetris. Maka, konsep dari interior kantor Shopee adalah bentuk yang dinamis, memancarkan semangat, area kerja yang produktif, serta berbagai elemen interior yang simple.

Konsep “young” menggunakan bentuk dinamis dan untuk memancarkan suasana yang bebas dan kreatif. Menggunakan warna merah dan orange (corporate color dari shopee) untuk menekankan konsep “vibrant” dan dipadukan dengan warna dan desain netral dan simple agar menciptakan suasana kerja yang semangat dan produktif namun tetap tenang dan profesional. Desain ruangan yang bersatu, membentuk sebuah “community” yang dapat membentuk kebersamaan agar mencapai tujuan bersama.

Local content yang digunakan pada konsep ini yaitu Bunga Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis) yang merupakan bunga nasional Indonesia, sebagai Puspa Pesona. Berwarna putih dengan corak kuning dan merah. Filosofi dari bunga anggrek sendiri, yaitu proses keindahan bukanlah sesuatu yang mudah, tetapi membutuhkan perjuangan dan kesabaran besar dalam hidup untuk menjadi sukses. Penerapan dari local content ini adalah dengan membuat panel cutting yang dipotong menyerupai bentuk kelopak bunga yang merepresentasikan bentuk dari bunga anggrek bulan. Selain itu juga diterapkan pada area meja kerja staff yang terinspirasi dari bentuk pola yang dihasilkan oleh bunga anggrek bulan. Didukung oleh kondisi new normal, design meja ini dibuat per orang sehingga meminimalisir kontak antar staff, namun pola penyusunan dari meja kerja ini masih menyatu.