Tarisa Aspasia
2301918483

Lounge area di kantor Unilever digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan (selain di ruangan kerja) dan sebagai area bersantai. Desain kursi lounge ini menyesuaikan kantor Unilever, yaitu menjunjung green design & local konten indonesia di beberapa bagian kantor Unilever. Selain itu sesuai dengan Visi nya, yaitu “Untuk meraih rasa cinta dan penghargaan dari Indonesia dengan menyentuh kehidupan setiap orang Indonesia setiap harinya.”, sehingga rancangan kursi lounge pada kantor Unilever mengangkat konsep Ethnic yang terinspirasi dari budaya Indonesia.

  Konsep Ethnic mengandung unsure budaya yang kental, sehingga tidak heran akan membawa nuansa yang memikat. Local content yang digunakan pada rancangan lounge chair ini adalah kain tentun ikat dan rotan. Kursi ini bernama U Ethnic Chair, karena akan mengkombinasikan unsur Ethnic dari Indonesia dan unsur modern dari Unilever, karena Unilever terus mengikuti perkembangan jaman yang ada. Konsep bentuk yang digunakan terinspirasi dari logo unilever berbentuk huruf U. Bentuk U dari logo diaplikasikan pada ratan di samping kursi yang fungsinya sebagai arm rest dan sebagai elemen dekoratif.

  Warna yang digunakan adalah warna – warna yang calm. Warna Putih member kesan  bersih, digunakan pada rangka kursi. Warna biru meninggalkan kesan psikologis seperti tanggungjawab dan kepercayaan, digunakan pada kain pelapis dudukan dan sandaran kursi. Warna Coklat member kesan natural, digunakan pada rotan. Material dominan yang digunakan adalah material yang sustainable, dalam rangka mendukung konsep green design. Material yang digunakan adalah Kayu mahoni (sebagai rangka karena dinilai kuat dan murah yang akan di finishing menggunakan cat duco berwarna putih), Plywood sebagai arm rest karena mudah di bending, Kain tenun dan kain linen sebagai lapisan cushion dudukan dan sandaran, dan rotan sebagai arm rest dan elemen dekoratif. Ergonomi dan dimensi kursi sesuai dengan standard kursi lounge pada umumnya, sehingga user nyaman duduk bersantai di kursi lounge dan juga ada magazine holder di dekatnya sebagai tempat untuk menyimpan majalah, koran, dll.