Perancangan Interior Pusat Bedah Plastik dan Estetika Mata di Jakarta

Mata merupakan salah satu indra penglihatan bagi manusia yang terus bekerja setiap waktu, sehingga dapat menyebabkan mata yang lelah. Mata yang lelah dapat menimbulkan berbagai macam penyakit mata. Tidak hanya itu, mata lelah juga dapat memicu timbulnya kantung mata hitam. Terinspirasi dari latar belakang tersebut, dibuatlah perancangan pusat bedah plastik dan estetika mata ini.

Menurut penelitian, pasien merasa takut dan cemas saat pergi berobat ke tempat pengobatan. Oleh karena itu, pusat bedah plastik dan estetika mata ini dirancang dengan menerapkan konsep healing environment yang dapat mengatasi kecemasan dan ketakutan pasien saat berobat. Karena konsep ini merupakan perpaduan antara indra manusia dengan alam.

Konsep dari pusat bedah plastik dan estetika mata ini berjudul “Dekap Teduh Pesona Alam”. Agar nuansa alam melekat pada perancangan ini, diterapkanlah material alam, elemen air, tumbuhan, dan elemen alam lainnya yang dapat mendukung terbentuknya konsep healing environment ini.

Pesona alam yang ingin didekap yaitu ladang lavender. Karena lavender merupakan bunga yang memiliki efek menenangkan menurut penelitian. Kemudian ekstrak minyak lavender ini juga baik untuk mengatasi kantung mata. Untuk itu, pusat bedah plastik dan estetika mata ini akan dirancang dengan bentuk- bentuk organik seperti layaknya bunga lavender dengan bentuk organik, sehingga kesan ruang lebih dinamis dan tidak kaku.

 

Daniyah Adiba Shahab